get app
inews
Aa Read Next : Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono Berikan Bantuan dan Janjikan Perbaikan Rumah Korban Bencana

Pemprov Jatim Akan Kirim Bantuan Secara Bertahap untuk Warga Terdampak Erupsi Semeru

Minggu, 05 Desember 2021 | 22:23 WIB
header img
Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa saat meninjau dampak erupsi Gunung Semeru di Dusun Renteng,Desa Sumber Wulu, Kecamatan Candi Puro, Lumajang. Foto: Sindonews.

Lumajang, iNews.id -  Pemprov Jatim mengirim ratusan paket bantuan untuk masyarakat Kabupaten Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru, sejak Sabtu (4/12/2021) malam.

Paket bantuan yang dikirimkan berupa beras, lauk pauk, tambah gizi, selimut, family kids, baju anak-anak, dan sembako. Selain itu, terpal, kantong mayat, pampers, masker kain, masker medis, sandang, air, biskuit bayi, minyak telon, minyak kayu putih, dan suplemen.

Selain itu, juga dikirimkan trail, chainsaw, tenda pengungsi, tenda posko, genset, light tower, velbed, sleeping bag, police line, cangkul, sekrop, kabel, jerigen, sepatu boot, kacamata google, toolkit, helm dan antena tower hidrolis.

Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengatakan, bantuan yang dikirimkan merupakan langkah awal kesigapan Pemprov Jatim dalam menangani bencana alam. Nantinya, pengiriman bantuan akan dilakukan secara bertahap sesuai kebutuhan di lapangan.

"Saya bersama Bupati Lumajang meninjau lokasi kejadian dan menyisir apa-apa saja yang dibutuhkan masyarakat," kata Khofifah saat meninjau dampak erupsi Gunung Semeru di Dusun Renteng, Desa Sumber Wulu, Kecamatan Candi Puro, Lumajang, Minggu (5/12/2021).

Pemprov Jatim juga telah melakukan koordinasi dengan BPBD Lumajang dan perangkat desa setempat serta Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA).

Khofifah juga mengimbau warga agar tidak melakukan aktivitas di aliran daerah aliran sungai (DAS) Mujur, Curah Kobokan dan DAS yang dimungkinkan dialiri guguran awan panas.

Ia juga telah meminta kepada bupati dan wali kota di Jatim untuk saling bergotong royong membantu  masyarakat di Kabupaten Lumajang yang terdampak erupsi Gunung Semeru. "Insyaallah bupati dan wali kota serta jajaran TNI- Polri, BNPB, SAR bergotong royong membantu masyarakat Lumajang,"pungkasnya.

Editor : Ikawati

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut