get app
inews
Aa Read Next : Makan Kacang Bisa Menyebabkan Jerawat, Mitos atau Fakta?

Ini 5 Cara Mudah Atasi Kolesterol Tinggi!

Sabtu, 04 Desember 2021 | 13:50 WIB
header img
Ilustrasi cek kolesterol tinggi di dalam tubuh. (Foto: Shutterstock)

JAKARTA, iNews.id - Banyak orang, kini mengalami kolesterol tinggi. Pola hidup tidak sehat menjadi penyebab utama, salsh satunya konsumsi makanan tinggi minyak atau lemak jenuh.

Kolesterol terbagi menjadi dua yaitu kolesterol baik atau biasa disebut High Density Lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat alias Low Density Lipoprotein (LDL)

Lantas, apakah kolesterol jahat yang tinggi di dalam tubuh dapat diatasi? Jawabannya bisa saja. Ini bisa dilakukan dengan menghindari pemicu-pemicunya. Berikut cara menurunkan kadar kolesterol, sebagaimana dihimpun dari laman WebMD dan Mayoclinic, Sabtu (4/12/2021):

1. Konsumsi protein
Penderita kolesterol tinggi bisa mengonsumsi protein dari produk susu. Bisa juga meminumnya sebagai suplemen, biasanya dalam bentuk bubuk yang dapat ditambahkan ke minuman atau makanan ringan. Studi menunjukkan bahwa suplemen protein whey dapat menurunkan LDL dan kolesterol total.

2. Konsumsi bawang putih
Beberapa studi menyebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kadar kolesterol, tapi hanya dalam jangka pendek. Sebaliknya, jangan mengonsumsi bawang putih menjelang operasi. Sebab, bawang putih dapat memperpanjang waktu pendarahan dan pembekuan darah.

3. Makan makanan asam lemak omega-3
Makan makanan yang kaya asam lemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi penyakit jantung dan menurunkan trigliserida. Usahakan setidaknya dua porsi ikan berlemak seperti salmon, mackerel, herring, tuna, dan sarden per minggu. Beberapa makanan lain dengan asam lemak omega-3 adalah biji rami dan kenari. Sumber suplemen termasuk kapsul minyak ikan, biji rami, dan minyak biji rami.

4. Olahraga dan diet
Dengan melakukan diet sehat dan olahraga dapat membantu menjaga kolesterol tetap terkendali. Jika memiliki masalah kesehatan, tanyakan kepada dokter apakah olahraga tepat untuk Anda. Jika diet dan olahraga teratur tidak cukup membantu mengurangi kolesterol, bicarakan dengan dokter tentang penggunaan obat penurun kolesterol.

5. Konsumsi kedelai
Mengonsumsi kedelai atau protein kedelai untuk protein telah terbukti mencegah penyakit jantung koroner dengan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida. Protein kedelai ada pada tahu, tempe, susu kedelai, yogurt kedelai, edamame, kacang kedelai, dan masih banyak makanan lain yang berbahan dasar kedelai.

Editor : Mikail Mpu

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut