get app
inews
Aa Read Next : 8 Tips Diet Saat Traveling, Perjalanan Menyenangkan Tanpa Mengabaikan Kesehatan

3 Cara Mengurangi Ketagihan Micin, Ketahui Batas Aman Penggunaannya

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 16:57 WIB
header img
Berikut 3 cara mengurangi ketagihan micin. Foto: Freepik/Kamran Aydinov

 

DEPOK, iNewsDepok.id - Banyak orang berpikir rasa masakannya kurang lezat jika tidak menambahkan micin atau MSG (monosodium glutamat). Micin memang bisa memberikan cita rasa pada masakan, sehingga masakan terasa lebih gurih dan enak.

Tetapi patut diketahui, bahwa micin tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Rekomendasi dari Kementerian Kesehatan Indonesia bahwa batas aman konsumsi MSG per hari adalah 120 mg/kg berat badan per hari. 

Dengan demikian, bila berat badan seseorang 50 kg maka tidak boleh mengonsumsi micin lebih dari 6 gram atau sekitar 1 sendok teh per harinya.

Penting untuk mengetahui batasan konsumsi micin. Pasalnya, bila seseorang terlalu banyak konsumsi micin bisa menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti sakit kepala, hipertensi, dan mual terutama bagi mereka yang sensitif micin.

Oleh karena itu, sebaiknya segera kurangi asupan micin sehari-hari. Namun seringkali yang terjadi seseorang sudah ketagihan micin sehingga sulit untuk mengurangi penyedap rasa ini.

Lantas bagaimana cara mengurangi konsumsi micin? Berikut 3 tips mengurangi ketagihan micin, seperti dikutip dari laporan Kobe, dikutip pada Sabtu (15/10/2022):

  1. Membuat makanan sendiri

Memang membutuhkan usaha ekstra untuk mengolah makanan sendiri, tetapi dengan begitu kita bisa tahu betul berapa takaran bumbu masak, termasuk MSG atau bumbu penyedap yang dipakai.

Di samping itu, kita juga bisa menerapkan teknik memasak yang menghasilkan makanan lebih sehat dan tetap sedap.

Cobalah teknik memasak seperti memanggang atau merebus untuk memecah kandungan glutamat alami dari bahan makanan yang dimasak, sehingga rasanya lebih gurih.

Jika ingin membuat goreng-gorengan, bisa memakai produk tepung bumbu yang tanpa MSG. Kita juga bisa memilih minyak yang lebih sehat untuk menggorengnya, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

  1. Pakai penyedap alternatif

Sebaiknya manfaatkan bumbu-bumbu masakan lain yang ada di dapur untuk menggantikan MSG, seperti garam dan gula, rempah-rempah, terasi, jamur shitake, maupun kaldu alami seperti air kaldu daging.

Semua penyedap alternatif ini, dapat meningkatkan cita rasa masakan, sehingga makanan tetap lezat tanpa micin. Agar khasiat dari rempah-rempah terjaga, pastikan masih segar dan disimpan dengan baik.

  1. Disiplin pola makan sehat

Tips selanjutnya yang tidak kalah penting adalah disiplin menerapkan pola makan sehat. Percuma saja sudah masak sendiri dengan bumbu alami sebagai penyedap rasa alternatif tapi kebiasaan makan sehat tidak dijalankan secara disiplin.

Di samping itu, pastikan juga selalu makan secukupnya saja. Pasalnya, makan berlebihan punya dampak negatif ke tubuh.

"Semakin Anda terbiasa dengan pola makan sehat dan tidak berlebihan, maka hasrat konsumsi micin atau MSG akan semakin berkurang," demikian bunyi keterangan dalam laporan Kobe.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut