get app
inews
Aa Read Next : 3 Cara Mengurangi Ketagihan Micin, Ketahui Batas Aman Penggunaannya

Lebih Sehat dengan 5 Bahan Masakan Sebagai Penyedap Rasa Alami Ini

Kamis, 03 November 2022 | 08:17 WIB
header img
Tonat dan jamur salah satu bahan makanan yang bisa dijadikan penyedap rasa alami pengganti micin. Foto: Pixabay/Engin Akyurt

DEPOK, iNewsDepok.id - Masakan akan terasa lebih nikmat dengan tambahan penyedap rasa. Namun, sebaiknya kita tidak selalu menggunakan penyedap rasa buatan seperti micin secara terus-menerus.

Untuk hidup lebih sehat, kita bisa menggunakan bahan makanan yang bisa dijadikan penyedap rasa alami. Bahan makanan ini tidak kalah nikmatnya jika dijadikan sebagai penyedap rasa alami pada masakan.

Berikut 5 bahan masakan yang bisa dijadikan penyedap rasa alami pada masakan, seperti dikutip dari Healthline pada Kamis (3/11/2022):

  1. Tomat

Tomat menjadi bahan alami nabati terbaik yang dapat jadi penyedap makanan. Kombinasi rasa manis, gurih, dan asam dalam tomat membuatnya mampu menjadikan makanan semakin "umami." Selain itu, ia juga kaya akan vitamin, potasium, dan asam folat yang baik untuk kesehatan.

  1. Jamur

Seperti halnya tomat, bahan makanan ini juga enak ditambahkan ke dalam masakan. Bisa ditambahkan dalam keadaan kering ataupun masih basah. Kandungan Vitamin B juga sangat bagus untuk kesehatan dan kekebalan tubuh.

  1. Kedelai

Kedelai utuh sudah sering diolah menjadi berbagai macam makanan seperti tahu, tempe, dan kecap. Namun jika mencampur makanan dengan kedelai utuh, membuat rasa makanan menjadi semakin menarik. Kandungan asam amino dan glutamat dalam kedelai juga sangat bagus untuk tubuh.

  1. Rumput laut

Bahan makanan dari laut ini rendah kalori juga kaya nutrisi dan antioksidan. Biasa digunakan untuk penambah rasa kaldu dan saus khususnya dalam masakan Jepang. Rasa gurih alami yang dimiliki tentu semakin menambah selera makan.

  1. Kimchi

Makanan ini diolah dengan cara fermentasi sayuran dengan beberapa rempah-rempah. Tentu saja semuanya terbuat dari bahan alami. Jika menyantap makanan bersama kimchi, kenikmatannya naik beberapa kali lipat. Selain enak, juga bagus untuk pencernaan dan mampu menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut