get app
inews
Aa Read Next : Indra Gunawan: Sertifikat Tanah Digital Masa Depan Administrasi Tanah di Indonesia

Jokowi Sebut Ada Rencana Reshuffle, Benarkah 3 Menteri dari Nasdem Berpotensi Diganti?

Kamis, 13 Oktober 2022 | 15:38 WIB
header img
Presiden Jokowi memberi sinyal akan ada reshuffle kabinet Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampaknya memberikan sinyal akan adanya perombakan atau reshuffle kabinet pada Kabinet Indonesia Maju. Menurut Presiden, bahwa rencana reshuffle selalu ada, namun belum diputuskan.

"Rencana selalu ada (reshuffle). Pelaksanaan nanti diputuskan," ungkap Jokowi di Stasiun Kereta Cepat Indonesia China di Stasiun Kereta Cepat Tegalluar, Cileunyi, Kabupaten Bandung, Kamis (13/10/2022).

Hal tersebut terjadi merespons dinamika politik terkait Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres pada Pilpres 2024.

Mengenai kabar reshuffle kabinet ini, pertama kali dihembuskan oleh kalangan relawan Jokowi, yang meminta agar presiden mencopot tiga menteri dari Partai Nasdem setelah mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capres 2024.

Sebagaimana diketahui, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh telah mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Capres 2024. Deklarasi itu berlangsung di Nasdem Tower, Gondangdia, Menteng, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Partai Nasdem adalah salah satu parpol koalisi pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Partai koalisi pemerintah adalah PDIP, Golkar, Gerindra, Nasdem, PKB, PPP dan PAN. Sedangkan parpol oposisi hanya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat.

Saat ini Partai Nasdem memiliki tiga kader yang sekarang menjabat sebagai menteri yaitu Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Komunikasi dan Informasi Johnny G Plate, serta Menteri Lingkuhan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar.

Sebelumnya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyinggung insiden Hotel Yamato di era revolusi kemerdekaan dalam konteks kondisi perpolitikan masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini. Hasto menyinggung ada warna biru yang lepas dari pemerintahan Jokowi.

"Itu di Hotel Yamato, di hotel itu para pejuang kita melihat ada bendera Belanda, birunya dilepas. Dan ternyata birunya juga terlepas dari pemerintahan Jokowi sekarang karena punya calon presiden sendiri," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, pada Minggu (9/10/2022).

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut