get app
inews
Aa Read Next : Indra Gunawan: Sertifikat Tanah Digital Masa Depan Administrasi Tanah di Indonesia

Pekan Kebudayaan Nasional 2023: Merajut Kebhinekaan Indonesia

Senin, 23 Oktober 2023 | 18:01 WIB
header img
Pembukaan Pekan Kebudayaan Nasional 2023 pada Jumat (20/10/23). Foto: iNewsDepok/ Marsaulina Lumbanraja

JAKARTA, iNewsDepok.id - Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 resmi dibuka pada Jumat (20/10) malam di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo. Acara pembukaan ini ditandai dengan penyerahan Piala Citra Budaya kepada para penerima penghargaan yang telah berkontribusi dalam pelestarian dan pengembangan kebudayaan Indonesia.

PKN 2023 mengusung tema "Indonesia Melumbung, Menggema, dan Menyatu" yang menggambarkan semangat kebersamaan dan kekayaan budaya bangsa. Kegiatan ini berlangsung selama sembilan hari, mulai dari 20 hingga 28 Oktober 2023, di berbagai lokasi di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu tujuan dari PKN 2023 adalah untuk mengajak masyarakat Indonesia untuk mencintai kesehatan dan kebinekaan sebagai bagian dari identitas bangsa. Hal ini sejalan dengan visi Presiden Joko Widodo yang ingin menjadikan Indonesia sebagai negara maju yang sehat, sejahtera, dan berbudaya.

Beberapa kegiatan yang menarik perhatian dalam PKN 2023 adalah pameran seni rupa, pertunjukan musik, tari, teater, sastra, film, dan kuliner. Selain itu, ada juga diskusi, workshop, seminar, dan talkshow yang membahas berbagai topik terkait dengan kesehatan dan kebudayaan.

Salah satu pameran seni rupa yang menampilkan kaitan antara kesehatan dan kebudayaan adalah "Rajutan Kebhinekaan" yang digelar di Galeri Nasional Indonesia. Pameran ini menampilkan karya-karya seniman Indonesia yang menggunakan teknik merajut sebagai media ekspresi. Karya-karya ini menggambarkan keragaman budaya Indonesia yang saling terhubung dan saling mendukung dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan.

Salah satu pertunjukan musik yang mengangkat tema kesehatan dan kebudayaan adalah "Kolaborasi Dukung Palestina" yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki. Pertunjukan ini merupakan bentuk solidaritas seniman Indonesia terhadap rakyat Palestina yang sedang mengalami krisis kemanusiaan akibat konflik dengan Israel. Pertunjukan ini menampilkan musik-musik tradisional Indonesia yang dipadukan dengan musik-musik Arab sebagai simbol persaudaraan antara dua bangsa.

Salah satu diskusi yang membahas isu kesehatan dan kebudayaan adalah "Mengenal Lebih Dekat Virus Corona Varian Baru" yang diadakan di Balai Kartini. Diskusi ini menghadirkan para ahli kesehatan dan budaya yang memberikan informasi terkini tentang virus corona varian baru yang sedang menyebar di beberapa negara. Diskusi ini juga memberikan tips-tips tentang cara mencegah penularan virus corona dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan menghormati budaya setempat.

PKN 2023 diharapkan dapat menjadi ajang apresiasi, edukasi, dan inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai kesehatan dan kebinekaan sebagai warisan bangsa. PKN 2023 juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat Indonesia untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Indonesia sebagai aset nasional. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut