get app
inews
Aa Read Next : Polda Metro Stop Terapkan CFN, Diganti dengan Patroli Rutin

Tetap Waspada Covid-19, Varian Omicron Menginfeksi 2 Menteri Afsel Positif

Selasa, 30 November 2021 | 06:29 WIB
header img
Varian Omicron mulai menggila, dua menteri Afsel positif Covid-19. (Foto: Reuters)

JOHANNESBURG, iNews.id - Seorang menteri di Afrika Selatan (Afsel) dinyatakan positif Covid-19. Dia merupakan menteri kedua Afsel yang terinfeksi virus ini.  Menteri Pembangunan Sosial Afsel, Lindiwe Zulu dinyatakan positif Covid-19 pada Senin (29/11/2021).

Dia kini menjalani isolasi mandiri di rumah.  "Semuanya berawal dari tenggorokan gatal dan saya tidak curiga apa-apa, tetapi ketika terus berlanjut, saya mengambil tes Covid-19 kemarin (Minggu) dan menerima hasilnya pagi ini," kata Zulu yang sudah dua kali divaksin Covid-19. 

Sementara sebelumnya, pada Sabtu (27/11/2021), Menteri Dalam Negeri Afsel, Motsoaledi juga dinyatakan positif Covid-19. 

Otoritas Kesehatan melaporkan, Afsel telah melaporkan peningkatan kasus infeksi Covid-19 dari rata-rata mingguan 4,3 persen menjadi 9,8 persen pada hari Minggu.  Institut Nasional Penyakit Menular melaporkan, 2.858 kasus virus corona baru pada hari Minggu. Kini jumlah totalnya menjadi 2,96 juta.

Ada enam kasus kematian terkait virus corona. Total kematian naik menjadi 89.797 orang.

Pekan lalu, para ilmuwan Afsel mengumumkan telah menemukan varian Omicron yang dapat membawa risiko infeksi ulang. Varian yang sama juga terdeteksi di negara tetangga Botswana, serta Hong Kong.

Kasus itu pertama kali terdeteksi antara 12-22 November. Para ilmuwan mengatakan data epidemiologi menunjukkan peningkatan berkelanjutan dalam kasus Covid-19 di seluruh Gauteng mungkin didorong oleh varian baru.

Banyak negara telah memberlakukan larangan perjalanan di Afsel dan lima negara Afrika lainnya karena kekhawatiran akan varian baru tersebut.
 

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut