get app
inews
Aa
Read Next : Jangan Kebanyakan Minum Es Teh Manis: Simak Bahayanya

Terlalu Banyak Minum Es Teh Manis Hambat Penyerapan Zat Besi, Akibatnya Anemia

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 06:00 WIB
header img
Terlalu banyak minum es teh berisiko terkena anemia. Foto: Freepik/Racool_studio

DEPOK, iNewsDepok.id - Terlalu banyak minum es teh manis ternyata menimbulkan risiko anemia. Berdasarkan data Riskesdas, sebanyak 32% anak hingga orang dewasa muda di Indonesi terkena anemia.

Lantas benarkah jika es teh bisa menghambat penyerapan zat besi?

dr. Yohan Samudra, Sp.GK., AIFO-K, dokter spesialis gizi klinik di Primaya Hospital Tangerang mengungkapkan es teh mengandung fitat dan tanin yang dapat menghambat penyerapan zat besi dan menyebabkan anemia.

Menurut dr. Yohan, zat besi sangat dibutuhkan oleh otak dalam tumbuh kembangnya.

Tidk hanya kopi, teh juga mengandung kafein. Tentunya hal ini tidak disarankan untuk anak-anak. American Academy of Pediatrics (AAP) tidak menganjurkan pemberian kafein kepada anak.

"Menurut AAP anak usia di bawah 12 tahun tidak disarankan diberikan minuman apapun yang mengandung kafein," jelas dr. Yohan.

Sementara ahli kesehatan, Prof dr. Zubairi Djoerban, Sp.PD-KHOM, mengatakan jika mengonsumsi gula secara berlebihan bisa menimbulkan berbagai penyakit. Kadar gula darah yang tinggi akan diubah oleh tubuh menjadi lemak, sehingga dapat menyebabkan obesitas.

"Dari kondisi obesitas tersebut, risiko terkena kanker, gangguan jantung, dan otak akan lebih besar," ungkap Prof Zubairi di akun Twitter pribadinya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut