Cing Ikah Dilantik Jadi Ketua Jabar Bergerak, Ini Lima Program Unggulannya

R Ratna Purnama
.
Rabu, 05 Oktober 2022 | 18:15 WIB
Jabar Bergerak Kota Depok resmi dilantik oleh Ketua Jabar Bergerak Atalia Praratya. Foto: Istimewa

DEPOK, iNewsDepok.id-  Siti Barkah atau akrab disapa Cing Ikah resmi dilantik sebagai Ketua  Jabar Bergerak Kota Depok. Pelantikan dilakukan oleh Ketua Jabar Bergerak Atalia Praratya. Lima program kerja yang akan dilakukan meliputi bidang keagamaan, pendidikan, pariwisata kuliner dan budaya, sosial, serta bidang kesehatan dan lingkungan.

“Usai dilantik, kami bersama pengurus Jabar Bergerak akan melaksanakan lima program yang tercantum di dalamnya. Yaitu keagamaan, pendidikan, pariwisata budaya dan kuliner (Pakuya), serta kesehatan dan lingkungan hidup,” kata Cing Ikah, Rabu (5/10/2022).

Dia menceritakan, Jabar Bergerak dibentuk ketika pandemi covid 19 sekitar dua tahun lalu. Saat itu banyak warga yang ingin memberikan bantuan namun tidak ada yang mendistribusikan. Dengan adanya Jabar Bergerak ini diharapkan dapat menjadi destinasi kepedulian, kejuangan dan keikhlasan untuk bersama-sama mengulurkan tangan membantu warga yang membutuhkan.

Atas dasar itu, dibentuk relawan Jabar Bergerak Berkolaborasi mengatasi masalah stunting dengan memberikan paket susu. “Jika tidak ada halangan kami akan menggelar bedah rumah di Kelurahan Pasir Gunung, Cimanggis dan Cipayung,” tambahnya.

Jabar Bergerak merupakan komunitas yang dibentuk atas dasar kepedulian masyarakat dalam membangun Jawa Barat, termasuk Kota Depok.  Program yang dijalankan berasal dari warga dan untuk warga. Lima program unggulan tersebut sudah dijalankan seperti bidang keagamaan dengan melaksanakan Gerakan Mengaji. Di bidang agama akan melakukan road show ke Taman Pembacaan Al Quran di Kota Depok dengan melakukan waqaf Al Quran. “Kami juga memberikan ke warga yang non muslim bisa berupa buku cerita atau buku sesuai dengan kepercayaan mereka,” katanya.

Dari sisi sosial, dilakukan distribusi minyak goreng murah bagi masyarakat. Program ini disambut antusias oleh warga ketika harga sedang tinggi beberapa waktu lalu. Selain itu juga dilaksanakan khitan gratis, membangun sajaber sarana jamban bersama kolaborasi RS Hermina Depok. “Kami berharap apa yang akan dilakukan oleh Jabar Bergerak dapat bermanfaat dalam pembangunan di Kota Depok yang maju, berbudaya dan sejahtera menuju Jabar Juara Lahir Batin. Terus memberi manfaat sampai denyut jantung tak lagi berdetak,” harapnya.

Dia mengatakan, Jabar Bergerak adalah organisasi non pemerintah yang ingin selalu menebar kebaikan kepada masyarakat. Melalui Jabar Bergerak diharapkan mampu berkolaborasi dengan stakeholder untuk menyejahterakan masyarakat.  

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Berita iNews Depok di Google News

Bagikan Artikel Ini