get app
inews
Aa Read Next : Permata Institute for Economic Research Paparkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal I 2024

Kolaborasi Seni Jawa Sunda di Festival Jawara Satria 2022 Gerduren Banyumas

Sabtu, 24 September 2022 | 16:54 WIB
header img
Festival Jawara Satria 2022 di Gerduren Purwojati, Banyumas, Jawa Tengah. Foto: Istimewa.

BANYUMAS, iNewsDepok.id  - Kolaborasi Seni Jawa Sunda ditampilan dalam Festival Jawara Satria 2022 yang  berlangsung di Gerduren Purwojati, Banyumas, Jawa Tengah. Pembukaan acara berlangsung 20 September 2022

Festival Jawa Satria 2022 ini difasilitasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Ke depan Festival Jawa Satria akan menjadi event tahunan yang akan berlangsung tiap 10 November

Lokasi acara sendiri beradai di area bukit Perhutani Banyumas.

Acara ini sendiri digagas oleh Wisata Bukit Dewi Manggung Desa Rancamanggung Kecamatan Tanjungsiang Subang Selatan. Wisata Desa yang dalam satu tahun ini sudah menjadi “hub” ekowisata seni budaya Subang Jawa Barat.

Mereka melakukan ajang silaturahmi keluarga besar masyarakat Subang Selatan yang tinggal di Banyumas Jawa Tengah.

Direktur Utama Wisata Desa Bukit Dewi Manggung Teges (26 tahun )menyampaikan bahwa kolaborasi ini menjadi tindak lanjut dari kesepakatan kerja sama yang sudah ditandatangani bersama Ketua Desa Wisata Nusantara Banyumas Bapak Eko, Juli 2022 lalu.

"Kini tinggal mewujudkan momentum untuk tindak lanjut bersama berupa giat opening event Kolaborasi antara Subang dan Banyumas menuju ke ‘’Road to Festival Jawara Satria 10 November 2022”, kata Teges.

"Disadari bahwa Indonesia dibangun bukan hanya Subang atau Banyumas saja, tapi oleh kita semua. Karena itu, kolaborasi seni budaya, umkm dan wisata ini sangat menguatkan. Kedua Kota sama-sama punya kekuatan soal budaya dan pariwisata," ujar Teges.

Dengan potensi yang ada, Subang Selatan optimistis bisa membangun kolaborasi yang bermanfaat bagi masyarakat. Dimana hal ini bisa mempererat persaudaraan Banyumas dan Subang Selatan dalam hal Kesenian/seniman, budaya, UMKM dan pariwisata.

Pembukaan event Festival Jawara Satria, 20 September 2022 yang dilakukan di Wisata Pertapan Desa Gerduren Purwojati Banyumas,  menghadirkan berbagai pertunjukan seni tari-tarian Subang Selatan dan Banyumas.

Dengan bangga bahwa Banyumas memiliki Tari Lengger yang sudah diakui sebagai Wisata Tak Benda oleh UNESCO. Namun Tema kesenian Tari Lengger Banyumasan Jawa Tengah memiliki kesamaan dengan Tari Ronggeng dari Jawa Barat, dimana penampilan tarian yang menunjukkan bahwa pekerja seni melakukan inovasi dan kreasi.

Dari maknanya semua tarian ini pada tempo dulu sebagai tarian ritus / ritual terhadap Sang Pencipta atau Dewa Dewi.

Image penari yang sexy namun bisa bodhor sudah melekat di hati masyarakat pada umumnya ini sangat menghibur, dan yang pasti tarian tradisional ini merupakan salah satu warisan budaya bangsa dan harus dipertahankan serta dilestarikan sebagai salah satu kekayaan bangsa Indonesia.

Interaksi yang terjadi di antara masyarakat Banyumas dan Subang dijembatani oleh simbol verbal yaitu menggunakan kesenian sebagai alat representasi dari suatu fenomena yaitu perpaduan antara dua budaya yang terjadi dalam kehidupan yang serasi dan damai melalui Akulturasi.

Keunikan lain di event seni tanggal 20 september 2022 ini adalah bahwa Desa Gerduren memiliki benda-benda bersejarah jejak Tari Lengger Banyumas-an  yang dalam pertunjukkannya sang Lengger tidak hanya menari tetapi juga membawakan lagu tradisional Banyumasan dengan iringan music gamelan atau lebih spesifik lagi seperangkat alat music calung.

Sementara Tarian Ronggeng Jawa Barat dalam tariannya diiringi dengan music Toleat, khas alat music berbentuk suling.

Bahkan yang lebih menarik dan ditunggu tunggu warga Desa Gerduren yaitu penampilan Theater drama panggung special performance dari Cikarageman Setu Bekasi Jawa Barat, dimana Drama mengisahkan tentang Asal Usul Desa Gerduren yang disajikan secara Satir ringan kekinian namun tidak melupakan adat budaya aslinya.

Acara ini turut dihadiri Keluarga Masyarakat Banyumas serta Subang Selatan serta para pelaku seni yang tergabung dari berbagai sanggar.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut