get app
inews
Aa Read Next : Gantikan Boy Rafli jadi Kepala BNPT, Rycko Amelza Perkuat Pendekatan Kemanusiaan

Dimakamkan di TMP Kalibata, BNPT RI Nilai Azyumardi Azra Berjasa Besar dalam Pencegahan Terorisme

Selasa, 20 September 2022 | 20:36 WIB
header img
Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar saat memberikan penghormatan terakhir kepada Prof Azyumardi Azra yang dimakamkan di TMP Kalibata, Selasa (20/9/2022). Foto: doc BNPT.

JAKARTA, iNews.id - Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan hari ini, Selasa (20/9/2022). Kepala BNPT RI Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar menilai Prof Azyumardi adalah sosok yang berjasa dalam pencegahan terorisme.

Prosesi pemakaman dilakukan secara militer dan dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia Muhajir Effendy. 

Turut hadir dalam prosesi pemakaman tersebut antara lain mantan Wapres Jusuf Kalla, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mantan Ketua DPR RI Akbar Tanjung, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli, dan imam besar Masjid Istiqlal Nasarudin Umar.

Usai memberikan penghormatan terakhir, Komjen Boy Rafli menilai Prof Azyumardi Azra telah mengabdikan diri untuk turut dalam upaya pencegahan terorisme dengan menjadi kelompok ahli bidang agama BNPT periode 2016 - 2022. 

Lewat beragam langkah konkret, Prof Azyumardi Azra berjuang bersama BNPT. Ia mengajak masyarakat mengenali ciri - ciri kelompok radikal, pelibatan lembaga dakwah kampus, dukungan pemblokiran situs - situs yang mengandung ajaran kebencian dan kekerasan. 

"Prof Azumardi juga aktif dalam program deradikaliasi BNPT," cetus Boy Rafli.

Dalam berbagai kesempatan, Prof Azyumardi pun kerap membagikan pesan tentang kunci keberhasilan deradikaliasi yakni memiliki semangat kebangsaan dan cinta tanah air.

"Nilai-nilai moderasi dan cinta tanah air adalah pilar keutuhan NKRI yang harus tetap hidup dan cinta terhadap negeri merupakan bagian dari deradikalisasi itu sendiri," tutur Boy Rafli menirukan pesan Prof Azyumardi dalam berbagai kesempatan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut