get app
inews
Aa Read Next : Tak Perlu Jauh-Jauh, Depok Tawarkan Ragam Destinasi Wisata Menawan untuk Liburan Lebaran

Inilah 5 Danau Paling Seram di Indonesia, Dikenal Punya Kisah Mistis dan Dicap Angker

Minggu, 18 September 2022 | 05:49 WIB
header img
Ranu Kumbolo, danau yang dikenal para pendaki Gunung Semeru memiliki pemandangan spektakular, namun dianggap punya kisah mistis di baliknya. Foto: Instagram

DEPOK, iNewsDepok.id - Ada 5 danau paling seram di Indonesia, yang ternyata merupakan danau yang terkenal dan memiliki pemandangan yang indah. Namun, danau-danau tersebut dicap angker oleh penduduk setempat.

Bahkan, kisah mistis dan legendaris menyelimuti danau-danau tersebut. Penduduk sekitar mempercayai ada makhluk gaib menyeramkan serta sosok siluman yang mendiami danau tersebut.

Tetapi di sisi lain tidak dipungkiri danau-danau tersebut memiliki pesona yang indah. Bahkan, danau-danau tersebut kerap dijadikan destinasi wisata bagi masyarakat, yang membutuhkan suasana teduh dan perairan sejuk yang memanjakan mata.

Lantas apa saja danau paling seram di Indonesia? Berikut rangkuman danau paling seram di Indonesia, seperti dikutip pada Minggu (18/9/2022):

  1. Ranu Kumbolo, Jawa Timur

Danau Ranu Kumbolo di Jawa Timur sudah dikenal keindahannya terutama oleh para pendaki Gunung Semeru. Bahkan, lokasi ini sering dijadikan tempat istirahat dan mendirikan tenda di sana untuk bermalam.

Meskipun indah, Ranu Kumbolo tetap menyimpan misteri dan kisah legendaris. Kabarnya, para pendaki kerap ditampakkan sosok wanita di tengah danau, terutama malam bulan purnama.

Sosok tersebut diyakini sebagai dewi penunggu Ranu Kumbolo. Sang dewi juga memiliki para dayang-dayang yang berwujud ikan mas.

Oleh karena itu, ada larangan tak tertulis yang meminta siapapun tak mengganggu atau membawa pulang ikan mas tersebut.

  1. Rawa Pening, Semarang

Danau Rawa Pening terletak di Kecamatan Tuntang, sebelah selatan Kota Semarang. Kisah mistis di Rawa Pening terkenal dengan siluman ular bernama Baru Klinting. Masyarakat meyakini Rawa Pening sebagai bagian dari kerajaan para lelembut.

Kabarnya, ketika malam tiba, area sekitar danau sering terdengar suara gamelan layaknya hajatan besar. Tapi suara tersebut tak pernah ditemui wujudnya jika coba ditelusuri.

Bahkan, ada yang percaya jika suara gamelan mulai muncul, itu pertanda esok hari akan ada warga yang tenggelam.

  1. Danau Tolire, Ternate

Danau Tolire memang punya visual yang spektakuler, sangat indah. Tapi terdapat misteri di balik itu yang cukup menyedihkan.

Menurut legenda beredar, dahulu Danau Tolire adalah kampung. Namun, kawasan itu dikutuk dan tenggelam menjadi danau lantaran ada seorang ayah yang tega menodai anaknya sendiri.

Danau Tolire memiliki dua bagian. Sisi besar danau diyakini terdapat siluman buaya putih sepanjang 10 meter. Karena itu, tak ada penduduk yang berani mengambil ikan di Danau Tolire.

  1. Danau Gunting, Bogor

Danau Gunting bisa dijumpai di belakang Istana Bogor. Lokasinya cukup sejuk, namun juga terbilang angker.

Konon, di sana ada sesosok makhluk hitam besar di salah satu sudut danau. Selain itu, ada pula sosok wanita berpakaian khas Belanda menghuni pulau yang dijadikan sebagai rumah burung.

  1. Danau Sunter, Jakarta Utara

Berbeda dengan danau-danau lainnya yang terletak di daerah yang jauh dari kota. Danau Sunter terletak di tengah kota, tepatnya di kawasan Jakarta Utara.

Masyarakat mempercayai Danau Sunter dihuni oleh sosok makhluk gaib. Makhluk itu lah yang dianggap menjadi penyebab orang tenggelam sampai tak bisa ditemukan.

Selain itu, pulau kecil di tengah Danau Sunter juga disebut-sebut sebagai istana siluman buaya. Beberapa warga kabarnya pernah melihat buaya besar warna putih di sana. Namun, tentunya mitos ini belum terbukti kebenarannya.

Artikel ini juga tayang di iNews.id dengan judul “Inikah Danau Paling Seram di Indonesia? Ada di Bogor hingga Semarang”.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut