get app
inews
Aa Read Next : Wali Kota Depok Ajak Masyarakat Sukseskan TMMD ke 121: Mari Perkuat Gotong Royong Bangun Depok

Wali Kota Depok Bangga Kenakan Batik Gong Si Bolong

Selasa, 09 Agustus 2022 | 16:53 WIB
header img
Wali Kota Depok Mohammad Idris dan istri mengenakan batik Depok Gong Si Bolong. Foto: Istimewa.

DEPOK, iNewsDepok.id – Kota Depok memiliki aset budaya termasuk batik Gong Si Bolong. Wali Kota Depok, Mohammad Idris kerap mengenakannya termasuk dalam Pawai Budaya Nusantara yang diikuti para kepala daerah. 

Wali Kota Depok mengenakan batik Gong Si Bolong bersama istri yang juga sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok, Elly Farida seperti dalam acara nasional Pawai Budaya Nusantara yang berlangsung di Padang, 9 Agustus 2022.

“Jadi pawai ini dalam rangka memperkenalkan budaya yang ada di masing-masing kota. Kami ingin memperkenalkan batik Kota Depok dengan budaya Betawinya,” kata Idris.

Menurut Idris Gong Si Bolong sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda (WBTb). Maka meski Depok memiliki sejumlah motif batik, ia terlebih dulu menonjolkan motif Gong Si Bolong.

Walau begitu, Idris menegaskan, ia tetap memperkenalkan motif batik lainnya yang dimiliki Kota Depok seperti motif buah belimbing.

“Kita akan terus menyosialisasikan batik Depok, setelah sosialisasi nanti kita pasarkan, kalau sudah dipasarkan nanti ada konsumennya harus siap, para pembatik di Depok juga harus siap,” tutur Idris.

Sementara itu, ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida menambahkan, batik khas Kota Depok yang kini sudah berusia hampir 4 tahun telah diterima dengan baik oleh masyarakat.

“Ada beberapa perkantoran yang sudah menggunakan batik Depok. Jadi harapannya tinggal dikembangkan dan ditingkatkan lagi,” ucapnya.

Selain itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melalui Dekranasda Depok aktif mempromosikan batik Depok melalui Fashion show batik, mengikuti berbagai macam perlombaan batik, serta meningkatkan beberapa pelatihan terkait batik Depok.
 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut