get app
inews
Aa Read Next : Kenali 6 Gejala Kolesterol Sejak Dini, Nomor 1 Sering Dirasakan

Anak-anak Juga Bisa Terkena Kolesterol Tinggi, Kenali Gejala Berikut Ini!

Rabu, 07 September 2022 | 09:50 WIB
header img
Foto: Concierge Medicine in Tucson/Sindonews.

DEPOK, iNewsDepok.id - Waspada, kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak. Karena itu, penting bagi orang tua untuk mengetahui gejala kolesterol tinggi yang timbul pada anak.

Sebaiknya bila gejala kolesterol tinggi terlihat pada anak, orang tua tidak boleh mengabaikannya. Pasalnya, kolesterol tinggi yang tidak tertangani dengan benar dapat meningkatkan risiko penyakti seperti jantung, stroke hingga kematian.

Lantas apa saja gejala kolesterol tinggi pada anak? Berikut gejala kolesterol kolesterol tinggi pada anak:

Melansir eMedicine Health, pada Rabu (7/9/2022), bahwa tidak ada gejala khusus seorang anak mengalami kolesterol tinggi. Inilah yang menyulitkan pencegahan di masa dewasanya.

"Umumnya tidak ada tanda atau gejala peningkatan kadar kolesterol selama masa kanak-kanak,” seperti dikutip dari laman tersebut.

Tetapi, pada saat anak-anak tumbuh dewasa, kolesterol tinggi itu bisa dikenali lewat munculnya timbunan lemak kecil di kulit, pembesaran hati dan limpa, serta pasien mengalami serangan jantung, stroke, atau masalah pembuluh darah perifer.  

Sementara American Heart Association mengungkapkan, ada penelitian yang valid bahwa proses penumpukan kolesterol di arteri sudah dimulai pada masa kanak-kanak.

Artinya, diagnosis sejak dini dapat mencegah masalah yang disebabkan kolesterol tinggi di masa dewasa. Itu mengapa, diagnosis kolesterol tinggi bisa dilakukan di masa kanak-kanak.

Di sisi lain, cara mendiagnosis kolesterol tinggi pada anak-anak ternyata tak jauh berbeda dengan orang dewasa. Menghitung kadar kolesterol dalam darah anak juga melalui tes darah di laboratorium.

"Tes kolesterol pada anak sangat penting terlebih jika ada riwayat penyakit jantung di keluarga atau jika orangtua si anak kolesterolnya tinggi," seperti dikutip dari laman  Cleveland Clinic.

Jika kadar kolesterol anak dinilai tinggi dari hasil tes darah, maka pengobatan medis bisa dilakukan. Ya, si kecil bisa diberikan obat khusus sesuai dengan kondisinya. Tak hanya itu, dokter juga akan menyarankan orangtua untuk mengubah diet si kecil.

Artikel ini tayang di Sindonews.com dengan judul “Gejala Kolesterol Tinggi pada Anak-anak, Orangtua Harus Peka.”

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut