get app
inews
Aa Read Next : Kembali Bertugas Usai Bebas, Ini Penampilan Terbaru Richard Eliezer Eks Ajudan Ferdy Sambo

Prihatin dengan Kasus Pembunuhan Brigadir J Perajin Batik Kulonprogo Ciptakan Motif Ferdy Sambo

Jum'at, 02 September 2022 | 14:11 WIB
header img
Perajin batik asal Kulonprogo D.I Yogyakarta menciptakan motif batik kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Irjen Ferdy Sambo. Foto: Ist

KULONPROGO, iNewsDepok.id - Sungguh unik, perajin batik di Kulonprogo, D.I. Yogyakarta Bayu Permadi menciptakan batik dengan motif bertemakan kasus pembunuhan Brigadir J yang melibatkan Ferdy Sambo. Untuk membuat batik ini, Bayu bekerja sama dengan perajin batik Fikky Ananda

Batik tulis motif pembunuhan Brigadir J ini akan dipajang dalam pameran lukisan batik di Galeri Sembung Batik, Sembungan, Gulurejo, Lendah, Kulonprogo, D.I.Y.

Ada sebanyak 14 kain batik yang dibuat bersama Fikky Ananda. Batik ini menampilkan motif pembunuhan, perjudian, narkoba hingga hubungan asmara. Semuanya berupa batik tulis dengan motif abstrak.  

Bayu mengungkapkan, ide awal pembuatan ini karena permasalahan pembunuhan ini menjadi trending topik pemberitaan maupun di media sosial.

Kemudia ia termotivasi untuk mendukung aparat kepolisian dalam mengungkap kasus ini secara tuntas. Hal ini penting untuk mengembalikan kepercayaan dari masyarakat. 

“Saya terinspirasi untuk membangkitkan kepercayaan masyarakat terhadap kepolisian Indonesia,” kata Bayu.

Bayu berharap batik yang dihasilkan menjadi sarana edukasi. Proses pembuatannya kurang dari sepekan tanpa ada kendala yang berarti.

Dia hanya menekankan pada konsep yang dibuat detail agar bisa menumbuhkan makna yang mendalam bagi yang melihatnya.  

“Akan kami pamerkan di sini selama tiga hari, kalau ada yang mau membeli ya monggo,” katanya.

Sementara Fikky Ananda mengaku tertantang memuat batik ini karena prihatin dengan kasus Ferdy Sambo di tengah momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia ke-77.

Hal ini menjadikan gaung pemberitaan kemerdekaan kalah dengan misteri pembunuhan ini. 

“Total ada 14 karya, berlatar hitam putih dan merah putih sebagai bentuk kritik, saran dan dukungan kepada kepolisian untuk menuntaskan kasus ini,” ungkapnya.  

Tidak kali ini saja Bayu menciptakan motif batik berdasarkan isu terkini. Sebelumnya, Bayu juga membuat batik mengusung isu-isu terkini seperti batik motif Corona, Gunung semeru hingga batik merah putih sepanjang 77 meter. 

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul "Dukung Polisi Ungkap Pembunuhan Brigadir J, Pembatik Kulonprogo Buat Motif Ferdy Sambo"

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut