get app
inews
Aa Read Next : YCAB Foundation, 25 Tahun Memberdayakan, Menginspirasi, dan Berinovasi

Wow! Berikut Ini 7 Lulusan Sarjana Termuda di Indonesia, Patut Menjadi Inspirasi Bagi Anak Muda

Selasa, 30 Agustus 2022 | 09:01 WIB
header img
Rein Vidya Banafsha, wisudawan termuda Unpad Foto: dok unpad.ac.id
  1. Rafidah Helmi (lulus di usia 17 tahun)

Rafidah Helmi. Foto: Uninsulla

Mengikuti jejak kakanya Riana Helmi, sang adik Rafidah Helmi lulus sarjana atau S1 di usia 17 tahun 9 bulan. Gadis asal Sukabumi yang lahir pada 31 Juli 1998 ini menyelesaikan studi S1 Kedokteran dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang (Unissula).

Sejak kecil Rafidah memang dikenal sebagai anak yang cerdas. Ia masuk sekolah SD saat usia 4 tahun 10 bulan.

Selama menempuh jenjang pendidikan di SD, SMP dan SMA, Rafidah selalu masuk dalam kelas akselerasi. Bahkan, ia terdaftar sebagai mahasiswa di usia 14 tahun. 

  1. Arya Bagus Kevin Rajendra (lulus di usia 17 tahun)

Arya Bagus. Foto: Kagama.co

Nama Arya Bagus Kevin Rajendra sempat viral pada tahun 2014 karena diterima sebagai mahasiswa baru di jurusan Teknik Sipil UGM. Saat itu usia 14 tahun.

Mengutip Kagama yang dikelola Ikatan Alumni UGM, saat itu Kevin menjadi mahasiswa UGM termuda. Kevin lalu berhasil menyelesaikan studi selama empat tahun. Di usia 17 tahun 11 bulan Kevin lulus S1 Teknik Sipil UGM.

Rupanya, Kevin mengikuti jejak kakaknya yang pernah menjadi wisudawan Teknik Sipil ITB di usia 19 tahun.

  1. Musa Izzanardi Wijanarko (lulus di usia 18 tahun)

Musa Izzanardi Wijanarko. Foto: itb.ac.id

Musa Izzanardi Wijanarko menjadi lulusan S1 termuda dari Institut Teknologi Bandung (ITB) saat wisuda ketiga di tahun akademik 2020/2021. Saat itu Izzan, begitu sapaan akrabnya lulus S1 di usia 18 tahun 8 bulan.

Izzan merupakan lulusan program studi Matematika angkatan 2017. Ia memang sudah menyukai bidang Matematikan ini sejak kecil.

Sebelum kuliah di ITB, Izzan tidak pernah mengikuti sekolah formal. Untuk melewati jenjang SMA, ia menjalani pendidikan melalui program homeschooling.

Selama menjadi mahasiswa, selain belajar rupanya Izzan juga aktif berorganisasi. Ia pernah menjabat sebagai ketua dalam beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di ITB.

  1. Rein Vidya Banafsha (lulus di usia 19 tahun)

Rein Vidya Banafsha, wisudawan termuda Unpad Foto: unpad.ac.id

Lulusan S1 termuda yang baru saja lulus adalah Rein Vidya Banafsha yang baru lulus dari Fakultas Kedokteran, Universitas Padjadjaran (UNPAD) di usia 19 tahun.

Dara bernama Rein Vidya Banafsha ini tengah menjadi buah bibir di kalangan akademika. Rein tercatat menjadi wisudawan termuda yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad).

Rein menjadi wisudawan termuda di usia 19 tahun 4 bulan. Predikat tersebut ia dapatkan pada Upacara Wisuda Gelombang 3 Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (7/6/2022). Sebelum menjadi lulusan S1 termuda di UNPAD, Rein juga pernah menjadi mahasiswa termuda karena ia memulai perkuliahan di usia 15 tahun.

Rein dinyatakan lulus pada Februari 2022 lalu dengan waktu kuliah 3,5 tahun. Saat masih duduk di bangku SMP dan SMA pun Rein masuk dalam kelas akselerasi. Kini Rein tengah mempersiapkan diri untuk melanjutkan Pendidikan Profesi Kedokteran untuk meraih gelar dokternya. Ia juga mantap memilih pendidikan spesialis.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut