get app
inews
Aa Read Next : Tol Cijago Akhirnya Diresmikan Presiden Jokowi, BPN Kota Depok Jelaskan Progres Pembebasan Lahan

Detail dan Makna Baju Adat Paksian dari Bangka Belitung yang Dipakai Presiden Jokowi

Rabu, 17 Agustus 2022 | 09:31 WIB
header img
Presiden Jokowi mengenakan baju adat dari Bangka Belitung saat Sidang Tahunan 2022 di Gedung Parlemen. Foto: Tangkapan layar

PANGKALPINANG, iNewsDepok.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan baju adat dari Bangka Belitung dalam sidang tahunan 2022 bersama MPR, DPR dan DPD di Gedung Parlemen, Jakarta, kemarin Selasa (16/8/2022).

Jokowi menggunakan pakaian adat Bangka Belitung berwana dominan hijau dan memiliki motif “pucuk rebung” yang disebut dengan nama Paksian. 

Lantas apa detail dan makna baju adat paksian tersebut? Desainer baju adat Bangka Belitung, Tricahya Karnawati mengatakan Baju Paksian dari Bangka Belitung ini memiliki filosofi yang sangat bagus.

"Pakaian adat khas daerah Bangka Belitung yang memiliki perpaduan kebudayaan Arab dan Tionghoa disebut dengan Paksian," ucapnya.

Menurut Tricahya, untuk baju laki-laki, menggunakan jubah dilengkapi dengan selempang yang disampirkan pada bahu sebelah kanan. 

Hal tersebut, kata Tricahya, menandakan seorang laki-laki yang bertanggung jawab, dengan perpaduan rumpak yang terbuat dari kain cual khas Bangka berasal dari kata celupan awal atau lebih dikenal dengan Limar Muntok.

“Ini merupakan jenis kain asli Bangka Belitung yang dibuat dengan metode tradisional tenun ikat," ungkapnya. 

Sementara motif “pucuk rebung” menggambarkan kerukunan masyarakat Bangka yang terdiri atas mayoritas Melayu dan China. Dengan Semboyan “Tongin Fan Ngin Jit Jong” yang artinya Melayu dan China hidup rukun berdampingan.

"Warna hijau melambangkan kesejukan, ketenangan dan keberuntungan, serta kesetiaan. Warna emas lambang keagungan dan keluhuran," ungkap Tricahya.

Lebih lanjut Tricahya mengakui setelah karyanya dipakai Presiden Jokowi, baju tersebut kini banyak dipesan untuk kepentingan pernikahan maupun foto keluarga.

Tricahya Karnawati mengatakan biasanya generasi muda itu kalau mau menikah busananya banyak memilih yang modern.

“Mungkin karena dipakai oleh Pak Jokowi itu kelihatanya keren. Nah mulai hari ini ramai yang pesen gitu," ungkap Tricahya Karnawati, kemarin Selasa (16/8/2022).

Tricahya mengatakan, baju yang dipesan pun harus sama dengan yang dipakai oleh Presiden Jokowi. Namun ia masih merasa ragu untuk menggandakan baju tersebut. 

"Gak tahu kenapa mereka itu pesan seperti itu (yang dipakai Jokowi), warnanya harus sama katanya buat foto keluarga. Nah karena mintanya seperti itu saya harus koordinasi dulu ke pemesan awalnya, apakah boleh diduplikat atau gimana nantinya," ujarnya. 

Sebagaimana diketahui, warna asli pakaian adat Bangka Belitung adalah merah. Namun, karena perkembangan zaman warna baju menyesuaikan selera, termasuk warna hijau banyak diminati.

Artikel ini telah tayang di babel.inews.id dengan judul " Karyanya Dipakai Presiden Jokowi, Desainer Baju Adat Bangka Belitung Kebanjiran Order "

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut