get app
inews
Aa Read Next : RS Jantung Diagram Layani Ratusan Pasien Jantung Operasi Bypass, Tingkat Keberhasilan 98 Persen

Bagaimana Penanganan Operasi Bypass Jantung yang Cepat dan Tepat, Simak Penjelasan Ini

Sabtu, 09 Juli 2022 | 08:28 WIB
header img
Artis Yana Yulio menjadi salah satu pasien jantung yang pernah ditangani di RS Siloam Hospitals Jantung Diagram, Cinere memberikan testimoni disaksikan tim dokter. (Foto: Ist)

DEPOK, iNews.id - Operasi Bypass Jantung menjadi solusi menangani pasien yang membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat.

Penyakit jantung memang masih menjadi penyakit yang mematikan bukan hanya di Indonesia tetapi di dunia, negara lainnya.
 

Nah,  Operasi Bedah Pintas Jantung (Coronary Artery Bypass Graft / CABG) atau yang sering disebut oleh awam dengan istilah Operasi Bypass Jantung merupakan tindakan operasi yang dilakukan pada penderita penyakit jantung koroner (PJK)/

Hal ini terjadi saat kondisi jantung terdapat sumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah arteri koroner, baik dengan atau tanpa riwayat serangan jantung sebelumnya. 

Pasien yang perlu dilakukan Operasi Bypass adalah pasien yang sudah tidak bisa ditangani dengan metode penanganan dengan obat-obatan maupun dengan pemasangan stent jantung.

Dalam Media Gathering dan Bincang Sehat yang digelar Siloam Hospitals Jantung Diagram, Cinere, Depok, ahli bedah jantung yang sudah sangat berpengalaman Dr Heston G.B. Napitupulu, SpBTKV (K) – D mengatakan, tujuan dilakukannya tindakan Operasi Bypass Jantung / CABG yaitu untuk membuat revaskularisasi atau untuk memperbaiki sirkulasi darah pada otot jantung dengan membuat saluran pintas pada pembuluh darah yang tersumbat atau menyempit. 

Saluran pintas yang dipasang atau dicangkokkan pada pembuluh darah jantung tersebut, diambil dari pembuluh darah vena dari kaki atau lengan atau dinding dada.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut