DEPOK, iNewsDepok.id - Setiap warga negara Indonesia harus mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Ini karena Pancasila merupakan dasar negara Indonesia dengan nilai-nilai luhur yang harus diterapkan dalam kehidupan berbangsa.
Nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan pada anak-anak sejak kecil. Dengan begitu Pancasila akan bernapas dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah.
lLalu bagaimana cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila? Untuk sila ke-5 “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” dan dilambangkan dengan padi dan kapas.
Mengutip buku “Arif Teman Berlatih dan Belajar Cerdas” karya Tim Arif, sila ke-5 dalam Pancasila berkaitan dengan perilaku dalam bersikap adil terhadap semua orang.
Berikut contoh pengamalan sila ke-5 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik di rumah maupun sekolah:
- Menjunjung tinggi semangat kekeluargaan dan gotong-royong.
- Peduli terhadap penderitaan yang dialami orang lain.
- Tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang merugikan pihak umum.
- Suka melakukan perbuatan dalam rangka mewujudkan kemajuan dan keadilan sosial.
- Mengembangkan perbuatan-perbuatan yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana keluargaan dan kegotongroyongan.
- Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban.
- Menghormati hak-hak orang lain.
- Suka memberi pertolongan kepada orang lain.
- Tidak bersifat boros dan suka bekerja keras.
- Tidak bergaya hidup mewah.
- Bersama-sama berusaha mewujudkan yang merata dan berkeadilan sosial.
- Tidak menggunakan hak milik untuk bertentangan dengan/atau merugikan kepentingan umum.
- Gotong-royong membersihkan lingkungan.
- Menghormati hak orang lain di sekolah.
- Mendirikan koperasi.
- Bersikap adil terhadap semua teman di tempat bermain.
- Memberikan bantuan jika ada teman bermain yang kesusahan.
- Menghargai karya teman bermain.
- Saling menghargai sesama teman di tempat bermain.
- Menghindari sikap sombong di tempat bermain.
- Bergantian memainkan alat permainan.
Yuk kita amalkan sila ke-5 Pancasila!
Editor : Kartika Indah Kusumawardhani