get app
inews
Aa
Read Next : Memanas! AS dan Inggris Lancarkan Serangan Terhadap Houthi di Yaman

Lady Gaga, Madonna dan Tom Cruise Menyukai Hidangan Ini, Yuk Bikin Sendiri di Rumah

Minggu, 03 Juli 2022 | 11:19 WIB
header img
Chicken Tikka Masala. Foto: Gulf News

DEPOK.iNewsDepok.id - Anda tahu tidak apa salah satu makanan pavorit sejumlah pesohor dunia seperti Will Smith, Lady Gaga, Brad Pitt, Madonna dan Tom Cruise?

Menurut Gulfnews, awalnya selebritis Hollywood yang diketahui menyukai masakan ini adalah Will Smith, Lady Gaga, Brad Pitt, dan Madonna.

Kini, daftar itu makin panjang setelah masuknya nama Tom Cruise.

"Beberapa hari yang lalu, hidangan ini menjadi semakin populer sejak aktor Hollywood berusia 59 tahun, Tom Cruise, saat jeda syuting film Mission: Impossible terbaru, membawa semua kru-nya ke sebuah restoran yang menjual hidangan itu. Tak hanya sekali, melainkan dua kali!" kata media itu seperti dikutip Minggu (3/7/2022).

Mau tahu apa nama masakannya? Chicken Tikka Masala.

Menurut Wikipedia, masakan ini terdiri dari potongan ayam panggang yang diasinkan (Chicken Tikka) dalam saus kari yang dibumbui biasanya berwarna krem ​​dan oranye. 

Darimana masakan ini berasal, tidak jelas, tetapi ada yang mengatakan bahwa masakan ini berasal dari Glasgow, tetapi banyak sumber yang mengaitkannya dengan komunitas Asia Selatan di Inggris Raya, dan ada juga yang mengatakan kalau cikal bakal Chicken Tikka Masala kemungkinan adalah ayam mentega, hidangan yang populer di anak benua India utara. The Multicultural Handbook of Food, Nutrition and Dietetics memuji penciptaannya oleh para koki migran Bangladesh di Inggris pada tahun 1960-an. Mereka mengembangkan dan menyajikan sejumlah hidangan "India" baru yang tidak autentik, termasuk Chicken Tikka Masala.

Rahul Verma, seorang kritikus makanan yang menulis untuk The Hindu, mengatakan bahwa dia pertama kali mencicipi hidangan ini pada tahun 1971 dan asal-usulnya berasal dari Punjab, India. 

"Ini pada dasarnya adalah hidangan Punjabi yang berusia tidak lebih dari 40-50 tahun, dan pasti merupakan penemuan tak sengaja yang telah mengalami improvisasi berkala," katanya.

Gulfnews mengabarkan, Tom Cruise menyantap Chicken Tikka Masala di sebuah restoran di Inggris yang bernama Asha's. Restoran itu milik penyanyi India bernama Asha Bhosle, dan berlokasi di Birmingham.

Saking senangnya, meski saat Tom Cruise dan kru ke Asha's penyanyi itu tak ada, Asha Bhosle memposting kedatangan Tom Cruise dan kru tersebut di akun Instagramnya.


Tom Cruise bersama kru film Mission Impossible menyantap Chicken Tikka Masala di Asha's Restaurant di Birmingham, Inggris. Foto: Instagram

"Saya sangat senang mendengar bahwa Mr. Tom Cruise menikmati pengalaman bersantap mewahnya di Asha's (Birmingham) dan saya berharap dia mengunjungi kami lagi segera," katanya.

Chicken Tikka Masala dibuat dengan menggunakan berbagai bahan. Hidangan ini kaya akan rempah-rempah, tetapi memiliki rasa yang sedikit gurih karena ada yoghurt di dalamnya.

Penasaran dengan masakan ini, tapi sulit untuk mendapatkannya di Indonesia? Anda bisa membuatnya sendiri.

Berikut resep Chicken Tikka Masala dari Dapur Khyber di Dubai sebagaimana dikutip dari Gulfnews:

Untuk rendaman - tahap 1

100 gram dada ayam

150 gram paha ayam

10 ml air jeruk lemon

15 gram sambal terasi

10 gram jahe dan pasta bawang putih

5 gram kunyit bubuk

 

Tahap 2 dengan yoghurt

80 gram yoghurt

10 gram kunyit bubuk

15 gram cabai merah bubuk

10 gram khyber garam masala powder

1 sdt ketumbar bubuk

 

Untuk pasta biji almond, kacang mete, dan melon (giling bersama dengan sedikit air):

10 gram kacang mede

5 gram biji melon

10 gram almond

 

Bubuk Garam Masala Dapur Khyber:

1 sdt shahi jeera

2 sdt kapulaga hijau

1 batang kayu manis kecil

1 potong kecil fuli

1/2 sdt cengkeh

2 sdt lada hitam

1,5 sdt kelopak mawar kering

1 sdt badi elaichi (3 buah kapulaga hitam)

Panggang hingga kering seluruh bumbu selama 5-10 menit dengan api sedang-tinggi. Setelah warnanya berubah sedikit lebih gelap dan mulai mengeluarkan aroma yang kuat, matikan api dan biarkan dingin. Kemudian bubuk dalam penggiling kopi.

Cara membuat:

1. Lumuri dada dan paha ayam dengan garam, kunyit, cabai merah, minyak dan air jeruk lemon. Aduk rata agar bumbu hingga meresap dengan baik. Sisihkan.

2. Untuk marinasi yoghurt - dalam mangkuk, tambahkan yoghurt, almond, kacang mete dan pasta melon, garam, bubuk cabai, garam masala, bubuk ketumbar, bubuk jinten, dan minyak.

3. Tambahkan marinade yoghurt ke ayam dan aduk rata. Diamkan setidaknya selama 3-4 jam di lemari es. Yang terbaik adalah mengasinkannya semalaman jika Anda punya waktu.

4. Panaskan wajan dan tambahkan mentega tawar. Satu per satu mulai menambahkan ayam yang diasinkan ke dalam wajan. Masak tikka secara perlahan selama tiga hingga empat menit.

Catatan: Ingatlah untuk membalik Chicken Tikka setiap beberapa detik agar tidak menempel di panci. Jika dibiarkan akan menempel di wajan dan membentuk lapisan tipis berwarna hitam, yang akan membuat tikka ayam menjadi pahit.

5. Setelah ayam empuk dan matang, Anda bisa menambahkan setetes pewarna merah food grade (opsional) ke dalamnya dan aduk. Hiasi dengan beberapa daun ketumbar cincang dan sajikan panas.

6. Sajikan bersama nasi kukus atau laccha paratha (roti pipih India).

Chicken Tikka Masala merupakan hidangan lezat yang cukup ikonik di setiap restoran India.

Editor : Rohman

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut