get app
inews
Aa Read Next : BSI Scholarship 2024: Lebih dari 5.000 Pelajar dan Mahasiswa Menerima Beasiswa dari BSI

Mengalami Bullying di Tempat Kerja? Ini yang Harus Kamu Lakukan!

Senin, 27 Juni 2022 | 15:23 WIB
header img
“Creating Positive Vibes at Work: Tolerance is Key”. (Foto: Tangkapan Layar)

JAKARTA, iNewsDepok.id – Survei yang dilakukan Workplace Bullying Institute di Amerika Serikat pada 2017 menunjukkan, 19% warga Amerika mengalami bullying di tempat kerja, 19% menyaksikan adanya bullying, dan 63% menyadari adanya bullying. Bagaimana dengan di Indonesia?

Di Indonesia sendiri, perundungan atau bullying di tempat kerja masih kerap terjadi. Disadari atau tidak, tindakan-tindakan seperti; mengucilkan rekan kerja, meremehkan pekerjaan orang lain, menyebarkan rumor yang tidak benar tentang seseorang, membuat peraturan seenaknya, mengucapkan kata-kata kasar, hingga bercanda di luar batas, masih kerap ditemukan.   

Isu kekerasan di tempat kerja, rupanya menjadi perhatian tersendiri bagi PT Unilever Indonesia, Tbk. Untuk itulah, baru-baru ini bekerja sama dengan Campus Marketeers Club, mereka menyelenggarakan webinar bertajuk “Creating Positive Vibes at Work: Tolerance is Key” dimana melibatkan lebih dari 300 mahasiswa dari berbagai wilayah Indonesia.

Webinar tersebut membekali para mahasiswa dengan kesadaran mengenai isu yang harus mereka prioritaskan saat mulai memasuki lapangan kerja nanti, yaitu pentingnya bekerja di dalam lingkungan yang memiliki vibes positif dengan mengedepankan nilai-nilai kesetaraan, keberagaman, dan inklusivitas.

“Tujuannya, agar para mahasiswa selaku Gen Z—yang akan mendominasi angkatan kerja di masa depan—semakin peka dan berani mengambil aksi nyata menindaklanjuti segala bentuk intoleransi yang mungkin mereka hadapi nanti,” jelas Kristy Nelwan, Head of Communications Unilever Indonesia.

Menurut Tara de Thouars, BA, M. Psi., Psikolog Klinis Dewasa, Gen Z adalah generasi yang sangat terbuka dengan perbedaan. “Penelitian McKinsey&Company menunjukkan beberapa kategori perilaku Gen Z yang membedakannya dengan generasi-generasi sebelumnya. Salah satunya adalah Undefined ID, dimana generasi ini menghargai setiap individu tanpa memberi label tertentu dan memiliki keterbukaan yang besar untuk memahami keunikan tiap individu. Perilaku ini tentunya akan turut memengaruhi mereka saat mencari pekerjaan,” kata Tara.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut