Berbasis GenAI, AI Lazzie Berikan Pengalaman Belanja Online yang Lebih Personal dan Efisien

Novi
Ki-ka: Ummu Hani (Associate Director Kantar Indonesia), Amelia Tediarjo (Head of Operations Lazada Indonesia), Ajie Santika (AI Expert & Co-Founder Feedloop.ai), dan MC. Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.id - Lazada, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara, meluncurkan inovasi terbaru berbasis kecerdasan buatan (AI), yaitu AI Lazzie. Didesain untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih personal dan efisien, AI Lazzie siap mengubah cara kita berbelanja online.

Kecerdasan buatan (AI) merupakan sebuah keniscayaan yang menyentuh segala aspek dalam kehidupan, termasuk sektor ekonomi digital. Memahami keniscayaan ini, Lazada merupakan pionir dalam penerapan AI dan GenAI pada platform eCommerce di Asia Tenggara, meluncurkan serangkaian fitur terbaru berbasis AI Generatif (GenAI) yang akan merevolusi pengalaman belanja online dan siap digunakan pelanggan, khususnya untuk menyambut promo belanja online 11.11 yang akan datang. 

Bersamaan dengan peluncuran pembaharuan fitur AI tersebut, Lazada juga merilis laporan resmi “Adopsi Artificial Intelligence (AI) dalam eCommerce di Asia Tenggara” yang dikembangkan bersama Kantar, untuk memahami lebih dalam kebutuhan dan perilaku konsumen terhadap AI.

Fitur-fitur GenAI terbaru Lazada dirancang dalam AI Lazzie yang bertugas menjadikan belanja online lebih personal, interaktif, dan efisien dalam membantu pelanggan 24/7. Hadir dengan kemampuan yang lebih canggih berkat dukungan teknologi Alibaba, AI Lazzie dapat membantu pelanggan menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan, memberikan rekomendasi produk yang dipersonalisasi, dan menjawab pertanyaan seputar belanja di Lazada.

“Melalui kolaborasi riset dengan Kantar, Lazada berkomitmen untuk memahami dan memenuhi kebutuhan pelanggan akan pengalaman belanja terbaik. Fitur GenAI terbaru kami dalam AI Lazzie, didukung teknologi penerjemah AI Alibaba, Marco MT, memungkinkan interaksi yang lebih natural, layaknya berbelanja dengan asisten pribadi yang akan membantu konsumen berbelanja, termasuk dalam menyambut berbagai promo belanja online akhir tahun di Lazada," ujar Head of Operations Lazada Indonesia, Amelia Tediarjo.

Seiring AI dan GenAI yang berperan sebagai katalis pertumbuhan utama dalam belanja online, Lazada menemukan empat dimensi penting (4D) yang meningkatkan belanja online sebagai berikut:

Discovery: Peningkatan Pencarian Produk dan Inspirasi Belanja

AI membentuk cara baru bagi pelanggan dalam menemukan produk dengan memberikan rekomendasi yang terpersonalisasi dan pencarian produk yang lebih efisien. Hasil riset Kantar menunjukkan 54% responden Indonesia memanfaatkan AI untuk mendapatkan rekomendasi belanja yang lebih personal. Fitur AI Lazada, AI Lazzie dan fitur rekomendasi cerdas membantu pelanggan menemukan produk yang relevan dengan preferensi dan riwayat belanja.

Laporan juga menunjukkan bahwa 64% responden Indonesia menggunakan chatbot, lebih tinggi dibandingkan negara lain di Asia Tenggara. Lazzie Chatbot disukai oleh pembeli online di Indonesia karena tersedia setiap saat dan menawarkan layanan yang lebih cepat.

Dependability: Membangun Kepercayaan dan Loyalitas melalui Pengalaman yang Dipersonalisasi

Hasil riset turut menunjukkan tingkat adopsi AI yang mencapai 77% di Indonesia merepresentasikan tingginya kepercayaan dan penerimaan konsumen terhadap teknologi ini. Sebanyak 53% pelanggan menilai penggunaan AI di dalam eCommerce mempermudah proses belanja, dengan fitur yang paling digemari adalah AI chatbot, pencarian produk dengan gambar, rekomendasi produk, dan analisis ulasan produk.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network