Gelar Bursa Kerja Pertanian, Kementan Ingin Lulusan Pertanian Berdaya Saing di Dunia Industri

Tama
Bursa kerja pertanian. Foto: Ist

BANJARBARU, iNews Depok.id - Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan untuk Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS), kembali menggelar Bursa Kerja Pertanian.

Digelar di Halaman Kampus SMK-PP N Banjarbaru selama dua hari sejak Senin (7/10/2024), bursa kerja atau job fair ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, untuk memfasilitasi alumni dan lulusan pendidikan vokasi, untuk masuk di seluruh dunia usaha dan industri.

"Alumni yang benar-benar siap di seluruh lini pembangunan pertanian, selain itu harus bisa menciptakan job creator," kata Amran Sulaiman, Selasa (8/10/2024).

“SMK-PP dan Polbangtan adalah tempat bagi para siswa dan mahasiswa untuk mengembangkan diri. Menurutnya, hal ini membuktikan jika SMK-PP dan Polbangtan mampu menghadirkan SDM berkualitas," imbuh Amran.

Sejalan dengan itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Idha Widi Arsanti menjelaskan program YESS menjadi salah satu barometer menciptakan petani milenial yang bisa memberdayakan sumber daya alam dengan kekuatan sumber daya manusia di dunia bisnis.

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso menyampaikan bahwa kegiatan Bursa Kerja Sektor Pertanian (Agriculture Job Fair) dilaksanakan dengan menghadirkan dinas tenaga kerja setempat serta perusahaan mitra mewakili IDUKA (industri, dunia usaha dan dunia kerja).

“Kegiatan ini untuk menyampaikan informasi lowongan kerja serta melakukan wawancara dan rekrutmen alumni Polbangtan atau SMK-PP serta masyarakat umum para pencari pekerjaan. Job Fair diikuti oleh delapan perusahaan yang menyediakan lebih dari 20 lowongan pekerjaan dan nantinya akan menyerap lebih dari 30 tenaga kerja dibidang pertanian," ujar Budi.

Budi menjelaskan, bursa kerja pertanian ini bertujuan menyediakan wadah untuk dapat mempromosikan alumni Polbangtan/SMK-PP atau bursa tenaga kerja untuk masyarakat yang berfokus pada dunia pertanian, ke perusahaan yang bergerak di bidang pertanian mewakili mitra IDUKA (Industri, dunia usaha dan dunia kerja.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan hal hal yang relevan serta memahami kebutuhan industri, sekaligus memperkuat kolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia usaha," imbuh Budi.

“Selain itu meningkatkan minat masyarakat terhadap karier di bidang pertanian, menyediakan informasi yang jelas mengenai lowongan pekerjaan, dan menciptakan tenaga kerja yang lebih siap dan kompeten, sehingga mendukung pertumbuhan industri pertanian yang berkelanjutan. Partisipasi aktif dari masyarakat, khususnya generasi muda, juga diharapkan dapat terlibat dalam sektor ini demi ketahanan pangan," pungkasnya.

Hadir dan membuka kegiatan, Kepala Bidang Pembinaan Pelatihan, Produktivitas, dan Penempatan Tenaga Kerja, Indah Fajarwati di awal tahun 2024 ini lapangan pekerjaan di Kalimantan Selatan yang meningkat ada di sektor pertanian. Sehingga kegiatan job fair turut mengurangi tingkat pengangguran di Kalsel.

“Kami berharap kepada alumni dan para pencari kerja dapat memanfaatkan momen agriculture job fair ini untuk mendapatkan pekerjaan. Job Fair ini juga sebagai langkah tepat untuk mendistribusikan tenaga kerja di sektor pertanian. Serta nantinya dapat menumbuhkan petani-petani muda di sektor pertanian Kalimantan Selatan,” kata Indah.

Ketua pelaksana Bursa Kerja Pertanian  Agus Suprandiyo menginformasikan bahwa pembukaan job fair ini dihadiri perwakilan Kepala UPT Lingkup Kementerian Pertanian, Perwakilan dari pimpinan SKPD lingkup Provinsi Kalimantan Selatan, Kab. Banjar, Kab. Tala, Kab. Tanah Bumbu, seluruh pimpinan dunia usaha dunia industri mitra, koordinator DIT Kabupaten Banjar, Tanah Laut Dan Tanah Bumbu, dan seluruh tamu undangan dan seluruh peserta job fair.

Sedangkan perusahaan peserta Agriculture Job Fair adalah PT BKB, PT Citra Lodok Lestari, PT GPE, PT Best Agro, PT. Flora Nuansa Hijau, PT Pancaran Agro, Hasnur Group, PT. Surya Langgeng Sejahtera, PT. Kharisma Alam Persada.

Selain itu kegiatan ini juga menampilkan produk-produk pertanian dari peserta job fair, Dharma Wanita, alumni PWMP SMK-PP N Banjarbaru, produk inkubator bisnis, dan teaching factory SMK-PP Negeri Banjarbaru.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network