Gandeng Pemprov Kalsel, Kementan Wujudkan Ekosistem Pertanian Berkelanjutan

Tama
Kegiatan kerja sama tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan. Foto: Ist

BANJARMASIN, iNews Depok.id - Regenerasi Petani dan Penumbuhan jiwa wirausaha pertanian menjadi fokus dari program Kementerian Pertanian (Kementan), salah satunya dengan Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) yang merupakan kerjasama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Idha Widi Arsanti menjelaskan program YESS menjadi salah satu barometer menciptakan petani milenial yang bisa memberdayakan sumber daya alam dengan kekuatan sumber daya manusia di dunia bisnis.

SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan (Kalsel), melaksanakan kegiatan kerja sama tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh PPIU Kalimantan Selatan berlangsung pada 3-4 Oktober 2024 di Banjarmasin. 

"Acara ini bertujuan untuk merumuskan sinergitas kebijakan dalam pembentukan ekosistem pertanian, klaster, serta komoditas unggulan di wilayah Program YESS di Kalsel," kata Idha dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/10/2024).

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), perwakilan dari National Project Management Unit (NPMU), serta sejumlah kepala balai dan dinas terkait dari tingkat provinsi dan kabupaten. 

Hadir pula perwakilan organisasi seperti Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN), yang turut memberikan dukungan dalam pengembangan sektor pertanian.

Project Manager Program YESS Kalsel, Angga Tri A.P. menyampaikan harapannya agar para pemuda yang telah tergabung dalam Program YESS dapat terus dibina oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tingkat daerah.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network