Kementan Ajak Pemerintah Desa Manfaatkan 20% Dana Desa Untuk Ketahanan Pangan

Tama
Ilustrasi petani. Foto: dok. iNews

Maka Program YESS dinilai menjadi salah satu faktor pendukung RPJPD di sektor pertanian. Selain itu dalam mendukung akses permodalan di sektor pertanian, Kabupaten Banjar memberikan akses KUR, dengan nama Kurma Manis, dengan bunga 0 persen.

Lanjut pemateri ketiga, Muhammad Yazidi selaku Koordinator BPP Martapura yang tergabung Program YESS sejak 2020 ini terus mengajak mengajak petani-petani muda untuk berkunjung ke BPP, sebagai tempat belajar tentang dunia pertanian. Selain itu petani muda di wilayah BPP kecamatan Martapura telah dibantu dalam menerima bantuan agribisnis, inkubator bisnis, kluster pertanian, dan membantu akses permodalan lainnya.

Materi keempat, dari Muhammad Syarkani merupakan Sekretaris Desa Tajau Landung, menjelaskan bahwa BUMdes di Tajau Landung mendukung pengalokasian 20 persen dana desa untuk ketahanan pangan, selain itu BUMdes Tajau Landung bergerak dalam jual beli padi.

Materi terakhir dari Dessy Irasanti menjelaskan bahwa Direktur Bumdesa Sejahtera Abadi Desa Takuti telah berdiri sejak 2018, yang saat ini bergerak dalam usaha penyewaan tenda, pelayanan masyarakat, keuangan mikro, perantara, perdagangan, dan usaha bersama. Salah satu bentuk membantu sektor pertanian yaitu membantu kelompok tani, yang fokus dalam pengolahan.

Untuk penutup, Manager Program YESS PPIU Kalimantan Selatan, Angga Tri Aditia Permana mengajak petani-petani muda untuk mengunjungi Balai Penyuluhan Pertanian walau YESS ini sudah selesai. Bahkan diharapkan di BPP dapat mengadakan pertemuan dengan offtaker, investor, pengarah, dan petani.

 

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network