JAKARTA, iNews Depok.id - Keamanan menjadi faktor utama yang mendorong kepercayaan masyarakat untuk menggunakan dompet digital. Bahkan, keamanan menjadi bagian integral untuk memperluas akses, hingga menciptakan ekosistem ekonomi digital yang sehat dan berkelanjutan.
Kendati demikian, tantangan dalam menciptakan inklusi keuangan di Indonesia masih besar. Perkembangan dan pemanfaatan dompet digital yang tinggi, diikuti dengan maraknya berbagai kejahatan siber serta kemunculan pihak-pihak tidak bertanggungjawab, sering kali merugikan masyarakat dan mengganggu higienitas ekosistem ekonomi digital.
Oleh karena itu, DANA sebagai bagian dari ekosistem ekonomi digital tidak tinggal diam. Dengan visi membantu menjembatani inklusi keuangan di Indonesia, DANA tidak hanya berfokus pada penyediaan produk, tetapi juga berupaya meningkatkan literasi keuangan pengguna akan ancaman kejahatan siber.
Tiga pendekatan yang terus DANA lakukan adalah peningkatan layanan melalui fitur DANA Protection, mengedukasi pengguna, hingga melakukan kolaborasi dengan multipihak dalam ekosistem ekonomi digital.
Vince Iswara, CEO & Co-Founder DANA Indonesia mengatakan, “Sejak enam tahun yang lalu hadir di Indonesia, komitmen DANA masih tetap sama. Kami berkomitmen untuk menjembatani inklusi keuangan dan meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat melalui inovasi-inovasi teknologi. Komitmen ini kami bangun dengan memegang teguh tiga prinsip utama kami, yaitu trusted, friendly, dan accessible. Ketiga prinsip ini senantiasa kami bawa dalam mengembangkan berbagai inovasi dan inisiatif DANA, yang bertujuan melayani kebutuhan masyarakat Indonesia.”
Fitur-fitur DANA Protection
Fitur DANA Protection merupakan salah satu fitur keamanan andalan bagi pengguna. Melalui fitur DANA Protection, pengguna bisa melakukan deteksi dini melalui ‘Scam Checker’. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengecek keabsahan nomor, akun media sosial, nomor rekening bank, hingga tautan yang tidak diketahui oleh pengguna. Ada pula fitur ‘Aduan Nomor’, yang terhubung langsung dengan AduanNomor.id milik Kominfo, yang berfungsi untuk melacak pemilik nomor tersebut. Melalui cara ini, pengguna bisa semakin waspada terhadap nomor-nomor yang terindikasi penipuan.
Pengguna pun bisa meningkatkan keamanan akunnya melalui DANA Protection dengan melihat rekomendasi pengaturan keamanan atau ‘Security Suggestions’ yang dianjurkan bagi akun miliknya. Rekomendasi keamanan ini termasuk mengganti PIN secara berkala, mengaktifkan Passkey, menambah pertanyaan keamanan untuk verifikasi, mengaktifkan autentikasi wajah DANA VIZ, sampai izin lokasi.
Sebagai bentuk komitmen DANA dalam melindungi data dan transaksi pengguna, DANA Protection tetap hadir memberikan 100% jaminan uang kembali sesuai dengan Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Cakupan perlindungan ini meliputi, penggantian saldo jika ada transaksi yang tidak dilakukan oleh pengguna atau pemilik akun dan terjadi hanya dalam 60 hari terakhir. Pengguna cukup melaporkannya melalui asisten virtual DIANA, untuk bisa melakukan klaim DANA Protection.
Editor : M Mahfud
Artikel Terkait