Dukungan Lembaga Keuangan Desa dan KUR, Jadi Modal Utama Petani Milenial di Daerah

Tama
Ilustrasi Kredit Usaha Rakyat. (dok. Sindonews)

Kemudian Kartiani, penyuluh dari BPP Kecamatan Bajuin, menjelaskan bahwa sebagai penyuluh, BPP siap membantu para petani-petani muda, dengan datang ke BPP Kecamatan Bajuin. Ia menjelaskan adanya Program Yess ini telah membantu pengembangan usaha petani muda.

Ia menambahkan di wilayah Kecamatan Bajuin dalam Program YESS telah mendapatkan bantuan agribisnis (HK) sebanyak 20 orang. Selain itu petani juga mendapatkan akses permodalan ada 30 orang dari Bank Kalsel, BRI, Gapura Karomah dangan bunga 0 persen.

Pemateri ketiga, Andika Putra, selaku Direktur Bumdes (Maju Bersama Desa Tirta Jaya), Bumdes ini memiliki tempat wisata alam. Ia berharap masyarakat ikut dalam pengembangan usaha agrowisata.

Terakhir dari Hendra Setiawan Pratama, seorang kampiun lokal dalam peternakan kambing menyampaikan, Ia memilih menjadi petani karena ingin agar tetap menjadi pengusaha yang bisa memenuhi kebutuhan sampai tua.

Selain itu, Ia menegaskan bahwa di Desanya memiliki Sumber Daya Alam yang cukup. Melalui bantuan agribisnis (HK) Program YESS, Ia bisa mengembangkan usahanya, yang ia tekuni karena hobi dalam bidang pertanian dan peternakan.

Di akhir kesempatan, Manager Program YESS PPIU Kalimantan Selatan, Angga Tri Aditia Permana mengajak petani-petani muda untuk mengunjungi Balai Penyuluhan Pertanian walau YESS ini sudah selesai. Bahkan diharapkan di BPP dapat mengadakan pertemuan dengan pemasok kebutuhan industri, investor, pengarah, dan petani.

Sehingga nantinya dapat membentuk pertemuan bisnis yang terjadwal antara pelaku bisnis, dengan calon mitra distribusi, calon mitra pemasok, calon mitra pendanaan, dan juga calon mitra investor (bisnis dan matching) strategi menyampaikan ide bisnis atau usaha yang telah didirikan oleh pendiri atau pitching.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network