Hindari Praktik Perdukunan Puluhan Makam Palsu Diratakan Dengan Tanah Oleh Warga di Sukabumi

Tama
Makam palsu di Sukabumi diratakan dengan tanah. Foto : MNC Media/Ilham N

SUKABUMI, iNewsDepok.id - Ada-ada saja kelakuan sebagian warga di Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, yang membuat puluhan malam palsu yang diduga sering digunakan untuk praktik perdukunan. Alhasil, banyak warga merasa geram setelah mereka menemukan keberadaan puluhan makam palsu yang diduga digunakan untuk kegiatan menyimpang tersebut.

Puluhan warga berbondong-bondong mendatangi lokasi tersebut, Jumat (23/8/2024), dengan membawa palu dan alat-alat seadanya. Mereka kemudian menghancurkan makam-makam palsu tersebut hingga rata dengan tanah.

Dihimpun dari MNC Portal Indonesia, ada sekitar 41 makam yang tersusun dari tumpukan batu segera dihancurkan oleh warga yang tersulut emosi. Tidak hanya makam-makam palsu yang menjadi sasaran, bangunan berupa saung yang diduga digunakan sebagai tempat istirahat oleh pihak yang membuat makam-makam tersebut, juga dibakar hingga rata dengan tanah.

Kepala Desa Citepus, Koswara, mengomentari aksi pembongkaran dan pembakaran yang dilakukan oleh warga.

Menurutnya, kemarahan warga dipicu oleh informasi yang viral di media sosial mengenai keberadaan makam-makam palsu yang diduga sengaja dibangun untuk tujuan yang tidak jelas.

"Berdasarkan informasi yang begitu viral di media sosial, masyarakat kaget mengetahui ada makam-makam yang dibangun secara sengaja, bukan makam seperti biasa yang berisi jenazah. Ini hanya tanah yang dibentuk menyerupai makam," ujar Koswara, Jum'at (23/8/2024).

Koswara menambahkan bahwa warga sangat khawatir keberadaan makam-makam palsu tersebut dapat menyesatkan masyarakat dan dijadikan tempat praktik perdukunan.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network