Lebih dari Sekadar Fashion, Hong Kong Membuka Panggung Mode Dunia dengan HKFDW

Novi
Hong Kong Fashion Week: Dimana Timur Bertemu Barat. Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.id - Pemerintah Hong Kong tengah berupaya menjadikan kota ini sebagai pusat mode dan budaya Asia. Salah satu langkahnya adalah dengan menyelenggarakan Hong Kong Fashion Design Week (HKFDW) yang akan menampilkan karya-karya desainer Hong Kong dan membuka peluang kolaborasi dengan desainer internasional. 

Selain itu, pemerintah juga mendukung produksi bersama program televisi untuk memperluas jangkauan budaya pop Hong Kong ke pasar global. Dengan berbagai inisiatif ini, Hong Kong berharap dapat menarik lebih banyak perhatian dunia dan meningkatkan perekonomian kreatifnya.

"Kami ingin menunjukkan bahwa fashion bukan hanya tentang tren semata, tetapi juga tentang memahami budaya dan keberagaman," ujar Victor Tsang, JP, Komisaris Industri Budaya dan Kreatif (CCIDA) pada Selasa, 6 Agustus 2024 di Grand Hyatt Hotel, Jakarta Pusat. "Dengan menghadirkan berbagai tren dan desain dari berbagai negara Asia, seperti Indonesia, Malaysia, Vietnam, dan Dubai, kami berharap dapat memperkaya pengetahuan masyarakat tentang dunia fashion dan mendorong apresiasi terhadap kekayaan budaya Asia," tambah Victor Tsang.

Sebagai informasi, Badan Pengembangan Industri Budaya dan Kreatif (CCIDA), sebelumnya dikenal sebagai Create Hong Kong, yang merupakan jawatan khusus yang didirikan oleh Pemerintah Daerah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) untuk mendorong pengembangan industri kreatif, sedang bersiap untuk fashion extravaganza yang revolusioner dengan peluncuran Hong Kong Fashion Design Week (HKFDW), sebuah inisiatif flagship untuk memamerkan industri fashion dan pakaian Hong Kong yang berkembang pesat. 


Victor Tsang, JP, Komisaris Industri Budaya dan Kreatif (CCIDA) bertemu dengan jurnalis pada Selasa, 6 Agustus 2024 di Grand Hyatt Hotel, Jakarta Pusat. Foto: Ist

 

Ditetapkan untuk diselenggarakan setiap tahun mulai dari 2024 dan seterusnya, HKFDW menyusun program dengan menggabungkan berbagai acara desain fashion yang diadakan di Hong Kong pada waktu yang berbeda sepanjang tahun, menyuntikkan elemen inovatif dan membina kegiatan afiliasi yang menarik.

CCIDA juga meluncurkan CreateSmart Initiative – Television Variety Programme, sebuah skema baru untuk mendukung stasiun televisi Hong Kong dalam memproduksi bersama program varietas televisi dengan rekan-rekan mereka di Tiongkok atau negara-negara Belt and Road (B&R) lainnya. Langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi lintas budaya ke panggung global dan membuka peluang baru bagi industri kreatif Hong Kong.

Untuk memperluas jangkauan HKFDW, produksi bersama (co-production) TV dan Film, CCIDA memulai tur B&R (Belt & Road) yang ditargetkan, dengan kunjungan perdana dipimpin oleh Pak Victor Tsang, JP, Komisaris Industri Budaya dan Kreatif ke Bangkok, Thailand pada April 2024. Pak Kevin Yeung Yun-Hung, GBS, JP, Sekretaris Budaya, Olahraga dan Pariwisata, HKSAR, sendiri memimpin tim khusus dalam kunjungan berikutnya ke Hanoi, Vietnam pada Juni 2024, yang diikuti oleh Pak Owin Fung, JP, Direktur Kantor Ekonomi dan Perdagangan Hong Kong di Singapura dan Pak Gary Mak, Asisten Komisaris Industri Budaya dan Kreatif. Ibu Lowell Cho, Asisten Komisaris Industri Budaya dan Kreatif juga memimpin kunjungan dalam rangkaian ini ke Kuala Lumpur, Malaysia pada awal Juli 2024. 

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network