Ilmuwan Menemukan Gua di Bulan yang Diklaim Cocok untuk Tempat Perlindungan

Dini Listiyani
Ilmuwan menemukan gue di bulan, yang diklaim bisa digunakan sebagai tempat berlindung. Foto: NASA

JAKARTA, iNewsDepok.id - NASA dan SpaceX milik Elon Musk berencana mengirim manusia kembali ke Bulan akhir dekade. Namun astronot akan terpapar sinar kosmik yang berpotensi mematikan dan suhu ekstrem di permukaan Bulan.

Kini, para ilmuwan mungkin telah menemukan tempat yang cocok dari kondisi yang ekstrem. Para ahli di Italia mengatakan mereka telah mengidentifikasi gua pertama di Bulan, yang memanjang dari dalam lubang yang terletak di Sea of Tranquility.

Ini bisa menjadi situs yang menjanjikan untuk pangkalan di Bulan karena menawarkan perlindungan dari 'lingkungan permukaan yang keras' dan dapat mendukung eksplorasi Bulan oleh manusia dalam jangka panjang.

“Gua-gua ini telah diteorikan selama lebih dari 50 tahun, tapi ini adalah pertama kalinya kami menunjukkan keberadaannya,” kata penulis studi Lorenzo Bruzzone, profesor di Universitas Trento di Italia, sebagaimana dikutip dari Daily Mail.

Sejak lubang pertama kali ditemukan di Bulan oleh pesawat luar angkasa SELENE JAXA pada 2009, para ilmuwan bertanya-tanya apakah lubang tersebut mengarah ke gua yang dapat dijelajahi atau digunakan sebagai tempat berlindung.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network