Penyumbang Pengangguran Terbesar Lulusan SMK, Pengamat Apa yang Salah pada Pendidikan Indonesia?

Vitrianda Hilba Siregar
Pengamat pendidikan vokasi, Farkhan. Foto: Dok

DEPOK, iNewsDepok.id - Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) salah satu penyumbang pengangguran terbesar Gen Z di Indonesia. Hal itu berdasarkan data terakhir Badan Pusat Statistik (BPS) Februari 2024.

Menanggapi hal ini, pengamat sosial dari Universitas Indonesia (UI), Devie Rahmawati mengatakan, tidak hanya riset BPS bahkan berbagai riset penelitian di dunia seperti di China,Amerika dan negara-negara maju di dunia yang masyarakatnya berpendidikan sangat tinggi juga mengalami lonjakan jumlah pengangguran. 

Menurut Devie ada 5 faktor penyebab terjadinya tingkat pengangguran. Pertama adalah pandemi yang membuat ekonomi dunia belum kembali pulih. Kedua adalah pola asuh orang tua, Ketiga adalah perliaku gen Z ini yang agak unik dalam kontek profesionalisme. Keempat adalah perubahan industri dan yang kelima adalah pendidikan yang mismatch.

“Bahkan ada sebuah penelitian yang meramalkan bahwa tahun 2030 mendatang, di negara Amerika, China, Rusia, Eropa termasuk indonesia akan kekurangan talenta. Bukan pekerjaanya tidak ada, tapi banyak yang tidak mampu memenuhi kebutuhan industri. Artinya apa? bukan industrinya tidak ada pekerjaan tapi banyak yang tidak cocok dengan apa yang dicari oleh industri,” kata Devie.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network