Tim Pengmas FKG UI Sambangi Warga Kampung Ilmu

R Ratna Purnama
Pengmas FKG UI di Kampung Ilmu. Foto: ist

DEPOK,iNews.id- Tim Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (FKG UI) menggelar kegiatan pengabdian masyarakat (pengmas). Kegiatan digelar di Kampung Ilmu, Purwakarta, Jawa Barat. Kegiatan yang dipimpin Dekan FKG UI yaitu Dr. drg Nia Ayu Ismaniati ini bekerjasama dengan Yayasan Nurani Dunia yang diketuai Imam B. Prasodjo.

Tim Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (RPM) menggalakan program unggulan diantaranya penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan gigi mulut, pelatihan dokter gigi kecil, Training on trainer (TOT) guru dan kader, perawatan dan pengobatan gigi sederhana (pencabutan dan penambalan), pemberian fluoride varnish dan Atraumatic Restoration (ATR) pada anak Sekolah Dasar Negeri (SDN), dan pengambilan sampel penelitian.

Kegiatan ini menyasar target dengan total 804 peserta, terdiri atas siswa SDN 01 Cisarua, SDN 02 Cisarua, SMPN 03 Tegalwaru, siswa dokter gigi kecil, dan warga serta relawan Kampung Ilmu.

“Program ini sangat bermanfaat dan memberikan kesempatan kepada siswa dan warga untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan khususnya gigi mulut,” kata Sekretaris Kecamatan Tegalwaru, Suhaeli, Minggu (3/12/2023).

Ketua dan pelopor Kampung Ilmu, Imam B. Prasodjo mengatakan, kebiasaan merokok di kampung ilmu sangat tinggi.

“Mohon agar Dok Benso sebagai ketua panita menfokuskan penyuluhan kesehatan gigi mulut terkait kebiasaan buruk merokok yang sangat mengkhawatirkan,” katanya.

Departemen Ilmu Kedokteran Gigi Masyarakat-Pencegahan (IKGM-P) yang kawal oleh drg. Atik Ramadhani menyelenggarakan bentuk kegiatan kesehatan gigi secara komprehensif untuk pencegahan, promotif, dan penambalan atraumatik.

Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dikoordinir oleh drg. Citra Fragrantia menjadi pelengkap kegiatan ini dengan pemberdayaan mahasiswa untuk project-based outcome. Selain itu, drg. Benso Sulijaya mengusung kegiatan penyuluhan bahaya rokok terhadap kesehatan dan pemeriksaan serta perawatan gigi sederhana untuk siswa dan warga.

Hadir dalam mendukung acara ini yaitu Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan kepada Masyarakat (DPPM) UI, PT. Unilever (Pepsodent), CT. ARSA, dan Mandiri Amal Insani (MAI).

Sebanyak tujuh personal dokter gigi dari Ikatan Alumni (ILUNI) FKG UI, lima personel dokter gigi dan perawat gigi dari TNI Angkatan Laut (LADOKGI R.E. Martadinata) berkontribusi menyukseskan bakti sosial di Kampung Ilmu.

Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Kab. Purwakarta, Puskesmas Tegalwaru, dan Dinas Kesehatan setempat bersinergi menyukseskan terselenggaranya acara ini. Harapannya, kegiatan yang berfokus pada Sustainable Developmental Goals (SDG) 3 (Good health and well-being) dan 4 (Quality Education) ini bisa berlanjut dengan sinergisitas banyak elemen dan pihak untuk Indonesia Sehat 2023.

 

Editor : Rinna Ratna Purnama

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network