get app
inews
Aa Read Next : Kompak Gasak Uang di 16 Minimarket, Pasutri Ini Dibekuk Polisi di Tangerang

Festival Perahu Naga 2024, Keharmonisan dalam Keberagaman Multi-Etnis di Kota Tangerang

Minggu, 16 Juni 2024 | 12:33 WIB
header img
Festival Perahu Naga di Kota Tangerang. Foto: Pengmas FIB UI

TANGERANG, iNews Depok.id - Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) yang dipimpin oleh Dr. Rahadjeng Pulungsari Hadi, M.Hum., mengumumkan inisiatif baru untuk memperluas informasi mengenai keharmonisan dalam keberagaman multi-etnis di Kota Tangerang melalui Festival Perahu Naga 2024.

Festival Perahu Naga atau yang dikenal sebagai Perayaan Peh Cun merupakan salah satu perayaan tahunan terbesar dan menjadi ciri khas kota Tangerang. 

Dalam budaya Cina, Festival Perahu Naga (Duanwu Jie) merupakan salah satu perayaan besar, diadakan pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan bulan. 

Perayaan ini diselenggarakan untuk memperingati seorang negarawan dan penyair ternama, Qu Yuan (340-278 SM), yang hidup di negara Chu pada masa Negara-Negara Berperang (Warring States Period).

Tahun ini, Festival Perahu Naga diselenggarakan oleh Perkumpulan Boen Tek Bio, pada tanggal 2 hingga 9 Juni, dan 15-16 Juni 2024, diisi berbagai kegiatan seperti bakti sosial dan donor darah, pertunjukan gambang kromong, ritual memandikan perahu, sembahyang Yue dan ritual mendirikan telur, bersih-bersih bantaran Sungai Cisadane, lomba tangkap bebek, dan puncak acara yaitu lomba dayung Perahu Nagadan Perahu Papak. 

Lomba dayung Perahu Naga dan Perahu Papak diikuti tim, baik dari penduduk sekitar Sungai Cisadane dan Klenteng Boen Tek Bio Tangerang, maupun peserta dari luar wilayah Tangerang.

“Kami melihat bahwa Festival ini tidak hanya sekedar kegiatan lomba dayung Perahu Naga dan Perahu Papak di Sungai Cisadane, tapi telah menjadi sebuah media akulturasi budaya yang menandakan budaya asal dengan budaya lokal secara harmonis. Hal ini terlihat dari peserta lomba dan pengunjung acara yang multi-etnis, semua berbaur menikmati acara,” demikian disampaikan oleh Dr. Rahadjeng Pulungsari Hadi, M.Hum. 

Namun demikian, informasi tentang multi-etnis dan kerukunan antar-etnis dalam kegiatan Festival ini dirasa masih perlu diekspos, meskipun laman Pemerintah Kota Tangerang telah menyediakan banyak informasi digital terkait pertumbuhan dan fasilitas kota.

Oleh karena itu, Tim Pengabdi FIB UI berinisiatif mendokumentasikan suasana kemeriahan puncak acara Festival Perahu Naga, tanggal 15 dan 16 Juni 2024, bukan hanya mendokumentasikan perlombaan dayung perahu saja, tetapi lebih fokus padakeberagaman etnis dan budaya yang terjadi selama berlangsungnya Festival. 

"Kami berharap pengambilan video suasana Festival dan wawancara dengan berbagai pihak di lokasi kegiatan dapat menjadi instrumen pengukur harmoni yaitu kerja sama, interaksi, dan keselarasan,” ujar Dr. Rahadjeng Pulungsari Hadi, M.Hum. 

"Melalui dokumentasi keharmonisan multi-etnis pada Festival Perahu Naga 2024 ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam memperkuat branding Tangerang Smart City yang tidak hanya berfokus pada teknologi, tetapi juga pada nilai-nilai sosial dan budaya,” pungkasnya.

Selain meliput kegiatan Festival Perahu Naga, Tim Pengabdi FIB UI juga berkesempatan menemui budayawan dan pelestari budaya Cina Benteng, di Perpustakaan Klenteng Boen Tek Bio Tangerang. 

Dalam pertemuan tersebut, Engkong, sapaan akrab Pak Oey Tjin Eng menyampaikan sekelumit sejarah kerukunan multietnis di Tangerang yang telah berlangsung sejak lama. Keberadaan Klenteng Boen Tek Bio di antara beberapa Masjid di Kampung Kalipasir Kelurahan Sukasari, merupakan salah satu contoh nyata keharmonisan antar etnis dan agama. 

Kehadiran Klenteng menguatkan tiga fungsi utamanya, yaitu fungsi agama, ibadah, dan kemasyarakatan. Fungsi kemasyarakatan yang dimiliki Klenteng menyatukan warga dari berbagai etnis dalam berbagai kegiatan sosial, seni dan budaya, salah satunya adalah Festival Perahu Naga atau Perayaan Peh Cun. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut