Bukan Hanya Wisatanya, Danau Toba Juga Terkenal Sebagai Penghasil Biji Kopi Terbaik

Elsa P Lumbantoruan
Danau Toba terkenal sebagai penghasil biji kopi terbaik. Foto : Ist

Kopi ini juga sudah naik pamor di dunia internasional dan menjadi salah satu pemasok di kedai kopi internasional, Starbucks, bersama kopi lainnya dari Sumatera, seperti Kopi Mandailing dan Lintong.

Kopi Dolok Sanggul berasal dari Kecamatan Dolok Sanggul, Humbang Hasundutan. Kopi yang ditanam di sini adalah varietas kopi arabika dan dikembangkan perkebunan rakyat, bukan perkebunan milik perusahaan. Aroma kopi ini cukup kuat dan rasanya cukup intens. Oleh karena karakter rasanya yang kuat itulah, kopi ini banyak digemari pencinta kopi.

Kopi Tanah Karo tidak sepopuler Kopi Sidikalang tetapi kopi ini sebenarnya sudah eksis sejak zaman penjajahan Belanda. Keunikan dari kopi ini adalah memiliki karakter rasa fruity seperti jeruk karena ditanam bersama dengan sayuran dan buah-buahan.

Kopi Siborong-borong semakin terkenal usai Bandar Udara Internasional Silangit di Kecamatan Siborong-borong, Tapanuli Utara dibuka. Kopi ini menjadi salah satu kopi arabika dari Sumatera Utara dengan karakter kuat dan kadar kafein yang cukup tinggi.

Sandiaga Uno ingin industri kopi nasional ini menjadi lebih berkualitas dan berkelanjutan, quality and sustainbility, dan membuka peluang usaha juga lapangan kerja.

Editor : M Mahfud

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network