Bukan Hanya Wisatanya, Danau Toba Juga Terkenal Sebagai Penghasil Biji Kopi Terbaik

Elsa P Lumbantoruan
Danau Toba terkenal sebagai penghasil biji kopi terbaik. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Danau Toba terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, namun tidak hanya itu, Danau Toba juga terkenal memiliki biji kopi dengan cita rasa yang sangat istimewa.

Dianugerahi tanah vulkanis yang subur dan berudara sejuk membuat kawasan Danau Toba menjadi salah satu daerah penghasil kopi terbaik. Kopinya memiliki karakter kompleks, intensitasnya cukup tinggi, dan beraroma floral, dengan tingkat keasaman yang variatif. Hal ini menjadikan kopi di Danau Toba banyak digemari, tidak hanya pencinta kopi lokal tetapi juga mancanegara.

Dilansir dari unggahan akun instagram @kemenparekraf.ri, ada beberapa kopi dari sekitar Danau Toba yang terkenal, yaitu Kopi Sidikalang, Kopi Lintong, Kopi Simalungun, Kopi Dolok Sanggul, Kopi Tanah Karo dan Kopi Siborong-borong.

Kopi Sidikalang ditanam dan dikembangkan di Kecamatan Sidikalang, Dairi. Kopi ini memiliki karakter rasa pahit seperti cokelat, dengan tingkat keasaman yang cenderung rendah. Berada di kawasan Bukit Barisan yang sejuk, Sidikalang mampu menghasilkan salah satu kopi terbaik di nusantara. Kopi robusta merupakan produk andalannya, dengan tingkat kafein tinggi , mencapai 70-80 persen. Namun demikian, biji kopi arabika dari Sidikalang kini juga sudah banyak diminati pencinta kopi.

Kopi Lintong berasal dari Lintong Ni Huta, Humbang Hasundutan, terkenal dengan kenikmatan kopi arabikanya. Kopinya memiliki cita rasa yang kuat dengan sedikit rasa andaliman, bumbu rempah khas Toba. Kopi ini sering kali dipasarkan dengan nama kopi Blue Batak dan menjadi salah satu kopi yang paling laris hingga mancanegara.

Kopi Simalungun menjadi salah satu komoditas utama di Kabupaten Simalungun. Tanahnya yang subur menghasilkan biji kopi arabika dengan cita rasa aroma cokelat, earthy, dan sedikit fruity.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network