Gambar Semangka Jadi Simbol Dukung Palestina Ramai di Media Sosial, Ini Arti dan Sejarahnya

Kartika
Gambar semangka jadi simbol dukung Palestina ramai di media sosial belakangan ini. Foto: tangkapan layar Instagram @aselenajinah

Pada 2013, ia mengisolasi satu cetakan dan menamakannya Warna Bendera Palestina, yang kemudian dilihat orang-orang di seluruh dunia.

Demikian pula pada tahun 2021 ketika pengadilan Israel memutus keluarga Palestina di Yerusalem Timur untuk diusir dari rumah mereka guna memberi jalan bagi para memukim, penggunaan simbol semangka populer.

Selanjutnya pada bulan Januari 2023, Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir memberi polisi negara itu kewenangan untuk menyita bendera Palestina. Langkah ini diikuti pemungutan suara melarang bendera Palestina ditampilkan di institusi yang dibiayai pemerintah, termasuk universitas. Mulanya RUU ini lolos, tapi  batal setelah Israel membubarkan parlemen.

Pada Juni 2023 organisasi masyarakat Arab-Israel, Zazim meluncurkan kampanye memprotes penangkapan dan penyitaan bendera. Seiring dengan protes ini, gambar-gambar semangka pun terpampang di 16 taksi yang beroperasi di Tel Aviv dengan teks bertuliskan ‘Ini bukan bendera Palestina’.

"Pesan kami kepada pemerintah jelas: kami akan selalu menemukan cara untuk menghindari larangan yang tidak masuk akal dan kami tidak akan berhenti berjuang untuk kebebasan berekspresi dan demokrasi," kata Raluca Ganea, Direktur Zazim.

Penggunaan gambar semangka juga ramai pada 23 Juli 2023 di Yerusalem, ketika  terjadi demonstrasi para demonstran memegang tanda berwarna bendera Palestina dengan gambar semangka atau tulisan ‘kebebasan’ di atasnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network