Diklap tersebut diperlukan untuk menjaga kompetensi masinis agar terampil dalam berdinas dan juga merupakan salah satu syarat untuk pengujian perpanjangan sertifikasi yang diselenggarakan oleh DJKA. Selain refreshing, ada juga uji ulang kecakapan setiap setahun sekali dan uji petik peraturan dan teknik setiap tiga bulan sekali.
Prosedur Masinis dan Asisten Masinis Sebelum Menjalankan Kereta Api
Sebelum berdinas, seorang masinis dan asisten masinis diwajibkan mengisi daftar hadir dan menjalani sejumlah tes oleh penyelia masinis untuk memastikan bahwa masinis dan asisten masinis siap untuk dinas. Tahap ini bukan sekadar formalitas belaka, jika dinilai tidak siap maka akan diganti.
Setiap masinis dan asisten masinis kereta api sebelum bekerja diwajibkan melakukan pemeriksaan kesehatan, asesmen singkat, pengecekan kondisi lokomotif dan mematuhi standar operasional prosedur (SOP) dalam pekerjaan. Cek kesehatan meliputi suhu tubuh, tekanan darah sampai tes alkohol oleh unit kesehatan KAI.
"Masinis dan asisten masinis akan diberikan alat tiup yang bisa mengukur kadar alkohol dalam tubuh, presentasinya harus nol, kalau tidak tak boleh dinas," jelas Joni.
Editor : M Mahfud
PT KAI Tahapan menjadi masinis kereta api Tahapan menjadi masinis KAI Masinis kereta api PT Kereta Api Indonesia KAI BUMN kereta api Masinis Joni Martinus Kondektur pengatur perjalanan kereta api PPKA basic development program BDP TNI masinis KAI Balai Pelatihan Teknik Traksi BPTT Yogyakarta Lokomotif kereta rel diesel KRD awak sarana perkeretaapian Direktorat Jenderal Perkeretaapian DJKA Menteri Perhubungan Permenhub asisten masinis Arloji profesi masinis Medical Check Up MCU proses rekrutmen masinis KAI
Artikel Terkait