Karier Jurnalis Terancam, Google Uji Coba AI yang Bisa Buat Berita

Rigel Ali
Google menguji coba tool AI yang dapat memproduksi berita. Foto: TechCrunch

DEPOK, iNewsDepok.id - Google dikabarkan sedang menguji coba produk AI terbarunya untuk memproduksi berita dan telah mulai meluncurkannya ke publik, menurut laporan dari The New York Times, Rabu (19/7/2023).

Perusahaan raksasa teknologi tersebut telah memperkenalkan dan memperlihatkan tool AI itu kepada The New York Times, induk perusahaan dari media The Washington Post dan The Wall Street Journal.

Tool AI tersebut diberi nama "Genesis" dan berfungsi sebagai alat memproduksi artikel berita. Genesis bisa menerima informasi seperti peristiwa terkini, lalu menghasilkan konten berita.

Dilansir dari The New York Times, Google percaya produk AI tersebut dapat membantu jurnalis sebagai asisten pribadinya, seperti mengerjakan beberapa tugas secara otomatis untuk meluangkan waktu bagi jurnalis. Perusahaan tersebut juga melihat produk itu sebagai "teknologi yang bertanggung jawab" yang dapat membantu menjauhkan industri berita dari jebakan AI generatif.

The New York Times melaporkan beberapa eksekutif mereka yang menggunakan tool AI tersebut menganggapnya sebagai "meresahkan", menganggap jika upaya yang dilakukan untuk menghasilkan berita yang akurat menjadi sia-sia.

Jenn Crider, juru bicara Google, menyatakan kerja sama dengan penerbit berita masih dalam tahap eksplorasi ide untuk berpotensi menyediakan tool AI yang dapat membantu jurnalis dengan pekerjaannya.

"Sederhananya, produk ini ada bukan untuk, dan tidak bisa, menggantikan peran penting jurnalis dalam melaporkan, membuat, dan memeriksa fakta artikel mereka," sebutnya.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network