Batik Gong Si Bolong dan Jus Belimbing Kota Depok Meriahkan Pawai Budaya Apeksi di Makassar

Reza Rachmad Sidi
Wali Kota Depok, Mohammad Idris didampingi Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida dan rombongan memeriahkan Karnaval dan Pawai Budaya APEKSI 2023. Foto: Diskominfo Kota Depok

MAKASSAR, iNewsDepok.id - Rombongan Delegasi Kota Depok ikut serta dalam memeriahkan karnaval dan pawai budaya yang termasuk rangkaian Rapat kerja Nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2023.

Rombongan tersebut dipimpin Wali Kota Depok, Mohammad Idris dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Depok, Elly Farida. Karnaval dan pawai budaya berlokasi di Kawasan Pantai Losari, Kota Makassar, Rabu Malam (12/7/2023). 

Arak-arakan Kota Depok dimeriahkan dengan mengenakan Baju Pangsi, Kebaca Encim, Tarian Topen Cisalak, dan Batik Gong Sibolong.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengaku senang pawai budaya di Apeksi di Makassar ini bisa dimanfaatkan untuk  memperkenalkan seni budaya Kota Depok dan juga kota-kota lainnya di Indonesia.

Saat pawai berlangsung, Idris dan Bunda Elly Farida mengunjungi Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang juga Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, untuk memberikan oleh-oleh Kuliner khas Depok berupa buah belimbing, sirup belimbing delira, jus buah delira, cepis debong, kukis, bir pletok, dan dodol.

“Kita juga ingin tampilkan budaya Betawi Depok, seperti, baju karnaval motif batik Gong Si bolong dan Topeng Cisalak,” lanjutnya.

Kota Depok kemudian menampilkan keberhasilan programnya melalui layar videotron seperti Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan membangun taman kelurahan, dan alun-alun.

Di penghujung acara, Idris memohon doa untuk kelancaran Kota Depok dalam mengikuti Jejaring Kota Kreatif UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2023.

Dalam karnaval dan pawai itu, setiap kota mengirimkan maksimal 50 peserta untuk memeriahkannya.

“Dari Kota Depok menyesuaikan dengan aturan dengan membawa 50 orang untuk meramaikan acara karnaval dan pawai budaya Rakernas APEKSI,” tutup Idris.

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network