10 Kebiasaan Buruk yang Hancurkan Ketenangan Pikiran, Tanpa Disadari Sering Dilakukan

Kartika
Ketahui 10 kebiasaan buruk yang hancurkan ketenangan pikiran setiap hari. Foto ilustrasi: Freepik/jcomp

Lantas apa saja kebiasaan buruk yang sebaiknya ditinggalkan? Berikut ini 10 kebiasaan buruk yang hancurkan ketenangan pikiran, seperti dilansir iNewsDepok.id dari Health Shots pada Jumat (23/6/2023):

10 Kebiasaan Buruk

  1. Mengenang masa lalu

Terus memikirkan kesalahan masa lalu, penyesalan atau pengalaman negatif dapat membuat pikiran terjebak dalam siklus negatif. Ini mencegah seseorang untuk sepenuhnya fokus pada saat ini dan menemukan kedamaian.

  1. Mengkhawatirkan masa depan

Terus-menerus mengkhawatirkan apa yang mungkin terjadi di masa depan dapat menimbulkan kecemasan dan stres, serta menghilangkan ketenangan pikiran. Ahli mengatakan meski penting merencanakan dan mempersiapkan masa depan, kekhawatiran berlebihan tentang hal-hal di luar kendali bisa berbahaya.

  1. Terlalu banyak berpikir

Menganalisis situasi secara berlebihan, berpikir berlebihan, memutar ulang percakapan atau peristiwa berulang kali dalam pikiran dan membuat skenario hipotesis dapat menyebabkan kelelahan mental dan kegelisahan. Sulit untuk menemukan kedamaian saat pikiran terus berputar-putar.

  1. Menyimpan dendam

Menyimpan dendam, kebencian atau kemarahan terhadap orang lain dapat menghabiskan enegri mental dan emosional. Hal tersebut membuat emosi negatif tetap hidup sehingga sulit untuk mendapatkan ketenangan pikiran.

  1. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Seseorang mungkin memiliki kelebihan maupun kekurangan dibanding kita. Tetapi membandingkan diri sendiri dengan orang lain, terutama dalam hal prestasi, harta atau status sosial dapat membuat kita merasa tidak mampu dan tidak puas.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network