Bersiap ke Planet Mars, NASA Luncurkan Program Artemis 2

Atfal Rida
Kapsul luar angkasa Orion yang di gunakan NASA dalam program Artemis menuju bulan sebagai persiapan menuju Mars. Foto: NASA

DEPOK, iNewsDepok - NASA telah mengumumkan rencana misi Artemis II yang akan diluncurkan pada tahun depan, membawa empat astronaut mengelilingi bulan selama 10 hari menggunakan kapsul luar angkasa Orion. 

Misi ini merupakan bagian dari program bulan baru NASA untuk abad ke-21 dan bertujuan untuk mengumpulkan pengetahuan penting di permukaan bulan. Selain itu, misi Artemis II juga merupakan persiapan untuk tujuan lebih besar NASA yaitu membawa manusia ke Mars dalam beberapa dekade ke depan. 

Astronaut akan lepas landas dari Kennedy Space Center NASA di Florida sebelum melakukan tes sistem pesawat ruang angkasa Orion selama dua hari pertama. 

Setelah itu, mereka akan didorong ke bulan dan mencapai sisi jauh bulan dalam empat hari. Selama perjalanan tersebut, kru akan memperpanjang lebih dari 230.000 mil dari bumi dan mencapai ketinggian maksimum 5.523 mil di atas permukaan bulan.

Namun, pada misi ini astronaut tidak akan mendarat di bulan, karena hal tersebut akan menjadi bagian dari misi Artemis III yang akan dilaksanakan pada tahun 2025. Setelah mencapai sekitar 6.400 mil di luar Bulan, kapsul luar angkasa Orion akan melakukan perjalanan kembali ke Bumi selama empat hari dan melakukan tes yang diperlukan. 

Orion akan ditarik kembali secara alami menggunakan gravitasi antara bulan dan bumi dan akhirnya akan jatuh ke Samudra Pasifik dekat pantai San Diego setelah memasuki atmosfer Bumi dengan kecepatan tinggi. 

Misi Artemis II ini diharapkan dapat memberikan informasi yang penting dan berguna bagi keberhasilan misi-misi NASA di masa depan, khususnya dalam menjelajahi luar angkasa dan mengeksplorasi planet-planet lain seperti Mars.

Editor : Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network