Bau Mulut saat Berpuasa? Inilah 5 Aktivitas yang Dapat Mencegah Bau Mulut

Reza Rachmad Sidi
Bau mulut dapat mengganggu saat bersosial. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menahan lapar dan haus selama lebih dari 12 jam adalah hal yang biasa dilakukan oleh umat Muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Dengan menahan kedua hal tersebut pastinya mulut terasa tidak enak dan biasanya timbul bau mulut yang menyerang. 

Bau mulut atau halitosis adalah kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Bau mulut dapat mengganggu kepercayaan diri dan mempengaruhi orang sekitar. Penyebab dari bau mulut itu sendiri adalah bakteri yang berkembang biak di dalam mulut.

Setelah mengetahui apa penyebab dari bau mulut, berikut ini adalah 5 cara yang dapat mengurangi bau mulut saat berpuasa :

 

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut adalah cara paling efektif untuk mencegah bau mulut. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Oral Health & Preventive Dentistry, menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membantu mencegah karang gigi dan bau mulut. Selain menyikat gigi, penting untuk membersihkan lidah secara teratur. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Clinical Microbiology Reviews, lidah dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab bau mulut. Membersihkan lidah dengan pengikis lidah atau sikat gigi dapat membantu menghilangkan bakteri dan mencegah bau mulut. 

 

2. Meningkatkan Konsumsi Air Pada Saat berbuka 

Konsumsi air yang cukup dapat membantu mencegah bau mulut. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Dental Research, kurangnya asupan air pada saat berpuasa dapat menyebabkan mulut menjadi kering, yang dapat menyebabkan bau mulut. Minum 2-3 liter air pada saat berbuka puasa dapat membantu menjaga kelembaban mulut dan membantu membilas bakteri penyebab bau mulut.

3. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman Berbau pada saat Berbuka Puasa 

Beberapa makanan dan minuman dapat menyebabkan bau mulut. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Breath Research, konsumsi makanan berbau seperti bawang putih dan bawang merah dapat menyebabkan bau mulut yang kuat. Selain itu, minuman seperti kopi dan alkohol juga dapat menyebabkan bau mulut. Menghindari konsumsi makanan dan minuman berbau dapat membantu mencegah bau mulut.

 

4. Berkumur dengan Larutan Antiseptik

Berkumur dengan larutan antiseptik dapat membantu mencegah bau mulut. Menurut studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of Dental Hygiene, berkumur dengan larutan antiseptik dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Beberapa contoh larutan antiseptik yang dapat digunakan termasuk larutan klorheksidin dan larutan air garam.

 

5. Hindari Tidur Terlalu Lama

Tidur terlalu lama adalah pemicu munculnya bau mulut yang disebabkan pada saat tertidur mulu dalam kondisi tertutup sehingga bakteri mudah berkembang biak di dalam mulut dan timbul masalah mulut yang lainnya. 

 

Dengan menerapkan lima aktivitas tersebut dapat mengurangi bahkan menghilangkan bau mulut saat berpuasa sehingga tidak lagi mengganggu diri sendiri maupun orang lain. 

 

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network