Kurangi Dampak Bencana, FIB Universitas Brawijaya Gelar Seminar Matabara

Laurent Nabila Zahra Tanjung
Seminar Mahasiswa Tanggap Bencana dan Pertolongan Pertama (Matabara) FIB Universitas Brawijaya. Foto: Istimewa

MALANG, iNewsDepok.id – Sebagai daerah yang rawan bencana, pemahaman terhadap bencana harus dimiliki masyarakat. Terkait hal tersebut FIB Universitas Brawijaya menggelar Seminar Seminar Mahasiswa Tanggap Bencana dan Pertolongan Pertama (Matabara).

Seminar tersebut merupakan salah satu program kerja Kementerian Sosial dan Lingkungan BEM FIB UB tahun 2023.

Seminar berlangsung di Ruang Aula Gedung A Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya, Minggu, 26 Maret 2023.

Seminar bertema “Be Ready For An Unexpected Circumstances” alias harus selalu siap sedia untuk suatu kondisi yang terjadi secara tidak terduga. 

Seminar membahas prosedur keselamatan apabila gempa bumi terjadi mengingat Indonesia adalah Indonesia adalah negara yang dilalui oleh sirkum aktif dunia, yaitu sirkum Mediterania dan Sirkum Pasifik. Kondisi ini menyebabkan kerap terjadinya gempa vulkanik dan tektonik di Indonesia. 

Seminar Matabara menghadirkan pemateri yang ahli di bidang penangangan bencana. Mereka berasal dari SAR Trenggana Malang Raya.

SAR Trenggana sendiri adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bertugas melayani masyarakat. Mereka siap membantu warga Malang Raya yang membutuhkan bantuan mereka seperti Water Rescue (pertolongan air), Vertical Rescue (pertolongan udara), Jungle Rescue (pertolongan di hutan), dan Medical First Responder (pertolongan pertama pada kecelakaan). 

Tidak hanya itu, mereka bahkan menyediakan pelayanan jasa Advokasi (bantuan hukum) bagi masyarakat miskin di Malang Raya.

Editor : M Mahfud

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network