Warga Depok, Yuk Mengenal Perbedaan Depok Lama dan Depok Baru

Nevriza Wahyu Utami/Kartika
Perbedaan Depok Lama dan Depok Baru. Foto ilustrasi Alun-alun Depok, Ist
  1. Depok Baru

Kawasan Depok Baru ada seiring dengan pembangunan Perumnas di Depok pada 1976. Saat itu Depok dirancang menjadi kota satelit bagi Jakarta.

Melihat letak Depok yang dekat dengan Ibu Kota Jakarta, maka Depok dipilih sebagai lokasi perumahan bagi penduduk yang bekerja di Jakarta.

Perum Perumnas membangun Perumnas Depok I yang merupakan Perumnas pertama di Indonesia. Selanjutnya, pembangunan Perumnas lainnya di Depok Tengah dan Depok Timur.

Kini Depok dikenal sebagai kota pelajar karena adanya kampus Universitas Indonesia (UI) yang berada di kawasan Margonda. Di Depok juga terdapat banyak universitas, seperti Universitas Gunadarma di Jalan Margonda dan Jalan Akses UI.

Kawasan Margonda Depok merupakan kawasan yang selalu ramai karena banyak pula pusat perbelanjaan. Di kawasan ini juga ada pusat pemerintahan, polres, terminal, hingga rumah sakit.

Kawasan ini disebut sebagai Depok Baru. Selain menjadi penyebutan bagi kawasan baru di luar Depok Lama, nama Depok Baru juga menjadi nama salah satu nama stasiun di Depok, yang lokasinya tidak jauh dari Margonda.

Stasiun Depok Baru berada di Jalan Stasiun Depok Baru, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas. Lokasi stasiun ini sangat strategis berada di belakang Kantor Wali Kota Depok, ITC Depok, Terminal Depok, dan berseberangan dengan Polres Metro Depok.

Jalur kereta menuju dan dari Stasiun Depok Baru adalah KRL Jakarta Kota-Bogor yang dibangun pada masa penjajahan Belanda dan selesai pada tahun 1880-an.

Stasiun Depok Baru ini dilakukan enovasi pembangunan yang rampung sejak 1992 dengan memiliki tiga jalur lintasan.

Itulah perbedaan antara Depok Lama dan Depok Baru. Semoga informasi ini bermanfaat.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network