Cegah Stunting, Menko PMK Minta Pemda Perkuat Edukasi Pentingnya Protein

Tanaka GomGom Sitinjak
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengajak pemerintah daerah untuk terus memperkuat edukasi edukasi mengenai pentingnya protein hewani guna mencegah Stunting pada anak.

"Pemerintah daerah perlu terus melakukan edukasi dan sosialisasi tentang manfaat protein hewani guna mencegah stunting," katanya dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (28/1/2023).

Ia mengatakan pemerintah daerah melalui organisasi perangkat daerah terkait juga perlu untuk memastikan bahwa ibu hamil dan juga balita di wilayah masing-masing telah mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan protein hewani.

"Saya berpesan kepada seluruh kepala daerah agar senantiasa memperhatikan balita dan ibu hamil di daerahnya, guna memastikan telah mengonsumsi makanan bergizi yang kaya protein hewani," katanya.

Protein hewani yang dimaksud, kata dia, meliputi telur, ikan, atau daging ayam.

"Masyarakat dapat memanfaatkan bahan pangan lokal yang kaya akan protein hewani untuk memenuhi kecukupan gizi keluarga terutama balita dan ibu hamil," kata Muhadjir Effendy.

Ia juga menambahkan ada sejumlah faktor yang perlu di perhatikan bersama terkait dengan upaya menurunkan angkat Stunting.

"Salah satunya adalah mengenai pentingnya kecukupan gizi bagi balita dan ibu hamil, hal ini perlu peran serta dari semua pihak," katanya.

Selain itu, upaya meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pola asuh dan konsumsi makan bergizi.

"Perilaku masyarakat serta kesadaran masyarakat yang masih rendah terkait pola asuh dan konsumsi makanan bergizi menjadi tantangan bersama," katanya.

Tak lupa dia mengajak masyarakat berperan aktif untuk mempercepat penurunan angka prevalensi Stunting. Pemerintah menargetkan angka Stunting turun menjadi 14 persen pada 2024.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network