dr Ririn Lanjutkan Pencegahan Stunting, Ini Langkahnya

Mada Mahfud
Pengobatan gratis dr Ririn hari ini, Rabu (18/9) di Kecamatan Pancoran Mas dan Kecamatan Cimanggis. Foto: Ist

DEPOK, iNews Depok.id - Calon Wakil Wali Kota Depok dr Ririn Farabi Arafiq menyatakan akan melanjutkan kebijakan Pemkot Depok dalam pencegahan stunting. Sejumlah langkah akan dilakukan jika ia terpilih bersama Imam Budi Hartono. 

dr Ririn menyatakan hal tersebut saat edukasi kesehatan dan pengobatan gratis hari ini, Rabu (18/9) di 2 tempat berbeda di wilayah Kecamatan Pancoran Mas dan Kecamatan Cimanggis.

Acara dihadiri oleh Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Depok H. Dindin Saprudin, Ketua Tim Pemenangan Partai Golkar H. Tajudin Tabri, Anggota Dewan DPRD Kota Depok Faresh Alfaouz dan Supriatni serta Jimmy Falentino dari Yellow Clinic RS Citra Arafiq dan tokoh masyarakat setempat.

"Kebijakan akan kita lanjutkan," kata dr. Ririn.

Menurut Ketua Himpunan Wanita Karya (HWK) pencegahan stunting dilakukan melalui peningkatan pengetahuan dan kesadaran hidup sehat, penerapan gizi seimbang dan kebiasaan hidup bersih dan sehat. 

Pencegahan stunting dapat dilakukan pada semua kelompok umur, mulai dari remaja, calon pengantin, wanita usia subur, pasangan usia subur, ibu hamil, ibu bersalin, hingga bayi dan balita.

"Langkah preventif yang dilakukan yaitu pemberian edukasi terkait pencegahan stunting sejak dini kepada para remaja, calon pengantin dan para ibu hamil. Kita juga memberikan pendampingan kepada keluarga berisiko stunting," terang dr. Ririn.

dr Ririn menegaskan penurunan prevalensi stunting menjadi salah satu indikator keberhasilan mewujudkan Kota Depok yang sehat dan nyaman sesuai dengan visi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok 2021-2026. 

Angka stunting di Kota Depok saat ini 14,3 persen. Sementara di Jawa Barat 21,7 sedangkan nasional diangka 21,5 persen. 

Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kembali meraih penghargaan berupa Insentif Fiskal sebesar Rp 5,77 Miliar dari pemerintah pusat atas keberhasilannya dalam menurunkan angka stunting. 

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Ma'ruf Amin kepada Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono saat Rapat Kordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Penurunan Stunting, di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Rabu (04/09/24).

Pengobatan gratis dan edukasi kesehatan membuat warga antusias. Mereka menyatakan dukungannya untuk dr Ririn Farabi Arafiq menjadi calon wakil wali Kota Depok dalam Pilkada Depok 2024.

Editor : M Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network