Soal Anak Keracunan, Dokter: Chiki Ngebul yang Mengandung Nitrogen Tidak Direkomendasi Dikonsumsi

M Sukardi
Soal anak keracunan, Dokter: Chiki ngebul yang mengandung nitrogen tidak direkomendasi dikonsumsi. Foto ilustrasi: deccanchronicle

DEPOK, iNewsDepok.id - Tercatat, 28 anak di Jawa Barat (Jabar) mengalami keracunan akibat Chiki ngebul yang mengandung nitrogen. Sebanyak 24 anak di Tasikmalaya dan 4 anak di Bekasi.

Terkait hal tersebut, Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP, guru besar FKUI dan dokter spesialis penyakit dalam, menjelaskan reaksi keracunan yang dialami sejumlah anak diduga akibat kontaminasi chiki ngebul yang dimakan.

"Kemungkinan chiki ngebul yang dimakan anak-anak ini terkontaminasi kuman atau bakteri, sehingga pasien muntah-muntah dan diare atau nyeri perut," ujar Prof. Ari.

Prof. Ari mengungkapkan chiki ngebul yang memiliki kandungan nitrogen memang tidak direkomendasikan untuk dimakan. Pasalnya, dapat menimbulkan kerusakan pada saluran cerna atas.

"Chiki ngebul itu kan mengandung nitrogen dan nitrogen itu punya sifat daya beku yang besar. Artinya, ketika terpapar kulit manusia, itu dapat merusak struktur kulit akibat suhu dingin yang ditimbulkan," papar Prof. Ari.

Oleh karena itu, Prof. Ari mengimbau masyarakat agar tidak jajan ciki ngebul karena berpotensi sebabkan keracunan seperti yang terjadi di Jawa Barat.

"Saya rasa, untuk mencegah jatuhnya korban baru, anak-anak tidak boleh mengonsumsi chiki ngebul ini," saran Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Menurutnya, pemerintah juga harus segera melakukan mitigasi kenapa keracunan ini bisa terjadi.

"Selain itu, melakukan investigasi untuk melihat sumber awal (ciki ngebul), apakah sudah tercemar dari pabriknya atau gimana, sehingga mencegah jatuhnya korban pada anak-anak Indonesia," tambahnya.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network