Yuk Amalkan 4 Gaya Hidup Muslimah Sesuai Syariat, Keren dan Mendapat Ridha Allah

Wida
Yuk Amalkan 4 Gaya Hidup Muslimah Sesuai Syariat, Keren dan Mendapat Ridha Allah. Foto ilustrasi: Freepik/rawpixel
  1. Jangan berhutang

Percayalah hidup tanpa hutang itu terasa nikmat dan indah. Mungkin desakan kebutuhan pasti akan selalu ada, tetapi jangan hanya demi gaya hidup dan pujian orang, kita korbankan dengan rela berhutang.

Syukuri dengan apa yang telah kita miliki, hindari hutang bila memang dirasa tak terlalu mendesak. Karena percayalah bahwa orang yang meninggal dalam keadaan bebas dari hutang maka dia akan masuk surga.

Sebagaimana hadis berikut, Dari Tsauban, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang ruhnya terpisah dari jasadnya dan dia terbebas dari tiga hal: [1] sombong, [2] ghulul (khianat), dan [3] hutang, maka dia akan masuk surga.” (HR. Ibnu Majah).

  1. Qana'ah

Sifat qanaah adalah selalu merasa cukup atas rezeki dan segala nikmat yang telah Allah berikan. Menurut Ibnu Baththol, qanaah adalah ridho dengan ketetapan Allah Ta’ala dan berserah diri pada keputusan-Nya yaitu segala yang dari Allah itulah yang terbaik.

Jika seorang muslimah telah merasa cukup dan ridho atas segala ketatapan Allah, maka ia akan senantiasa menjadi orang yang mudah bersyukur. Perhatikan hadis berikut:

“Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Muslim).

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network