4 Cara Meditasi untuk Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus agar Lebih Produktif

Novie Fauziah
Meditasi untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus agar lebih produktif. Foto ilustrasi: Freepik

DEPOK, iNewsDepok.id - Mengalami masalah susah fokus pada pekerjaan sehari-hari? Meditasi menjadi pilihan beberapa orang untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus pada kegiatan sehari-hari agar lebih produktif.

Cara meditasi ini cocok bagi mereka yang merasa kurang berkonsentrasi, terlebih jika hal tersebut sudah mengganggu produktivitas.

Meditasi memiliki manfaat untuk mengontrol diri dan menjadikan pikiran lebih tenang. Di samping juga meditasi bisa membantu seseorang menjadi lebih fokus terhadap berbagai hal, terutama terkait aktivitas sehari-hari seperti pekerjaan.

Berikut langkah-langkah meditasi yang dapat membantu untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus agar lebih produktif, seperti dirangkum pada Jumat (18/11/2022):

  1. Meluangkan waktu

Cara meditasi yang pertama untuk meningkatkan meditasi adalah meluangkan waktu sejenak. Sesibuk apapun, cobalah meluangkan waktu untuk bermeditasi. Kita bisa  mencobanya dari 10 hingga 20 menit setiap harinya. Hal ini bisa dilakukan bagi pemula, karena tidak membutuhkan waktu terlalu lama.

  1. Fokuskan pikiran

Cara meditasi untuk meningkatkan konsentrasi selanjutnya adalah dengan memfokuskan pikiran. Saat sedang bermeditasi, fokuslah dengan apa yang ada di pikiran. Buang jauh-jauh hal-hal yang dapat mengganggu dan merusak konsentrasi ketika meditasi.

Jika sudah bisa mengontrol diri dengan cara bermeditasi, maka perlahan hal ini akan terbiasa. Pikiran akan jauh lebih tenang, serta hal-hal yang mengganggu tidak akan bersarang lagi dalam diri.

  1. Cari posisi ternyaman

Cara meditasi untuk meningkatkan konsentrasi di urutan berikutnya, yaitu mencari posisi ternyaman. Ketika akan melakukan meditasi, cobalah mencari posisi paling nyaman agar Anda tetap fokus. 

Misalnya menggelar matras di teras rumah, atau mencari lokasi yang berhadapan langsung dengan alam. Tanpa ada suara lain nantinya bisa mengganggu ketenangan. Bisa juga dilakukan di kamar sendirian, yaitu dengan melakukannya di tempat tidur.

Posisikan diri senyaman mungkin, agar saat meditasi berlangsung benar-benar terfokuskan dan konsentrasi.

  1. Menghirup udara segar

Cara meditasi untuk meningkatkan konsentrasi di urutan keempat adalah menghirup udara segar. Menghirup udara segar juga bisa membantu seseorang lebih nyaman dan konsentrasi ketika meditasi. Selain itu, juga baik bagi pernapasan sehingga bisa lebih rileks dan aman. 

Kita bisa memperoleh udara segar ini saat pagi hari, serta di sekitar area yang ditumbuhi pepohonan rindang. Cobalah bermeditasi saat pagi hari dan di tempat yang udaranya masih fresh dan sejuk.

Editor : Kartika Indah Kusumawardhani

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network