Kemenag Imbau Umat Muslim Salat Gaib Usai Salat Jumat Doakan Korban Kanjuruhan

Achmat
Kemenag menganjurkan salat gaib dilakukan usai Salat Jumat untuk mendoakan korban Tragedi Kanjuruhan. Foto: Ilustrasi doc Bidhumas Polda Banten

JAKARTA, iNewsDepok.id - Umat Islam diimbau salat ghaib untuk mendoakan korban tragedi Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Salat gaib tersebut dilakukan usai menunaikan salat Jumat.

"Untuk salat gaib dianjurkan setelah salat Jumat," kata Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi (HDI) Kementerian Agama (Kemenag) Akhmad Fauzin, di Jakarta, Jumat (7/10/2022).

Fauzin menuturkan, salat gaib dilakukan sebagai bentuk kepeduliaan terhadap korbal yang meninggal dalam tragedi Kanjuruhan. Salah satu masjid yang menggelar salat gaib adalah Masjid Istiqlal.

Sebelumnya, salat gaib juga dilakukan berbagai daerah. Sebut saja Pemprov Sumatra Utara yang telah melakukan shalat ghaib dilanjutkan doa bersama di Gelanggang Olah Raga (GOR) Mini Pancing Deliserdang.

Masjid Al Akbar Surabaya Jawa Timur juga telah melakukan shalat ghaib pada Senin (3/10/2022) kemarin. Sebanyak enam pemain dan satu asisten pelatih Persebaya turut dalam shalat ghaib tersebut.

Untuk diketahui, tragedi Kanjuruhan telah menewaskan sedikitnya 131 orang. Kepolisian telah menetapkan enam orang tersangka dalam kasus ini.

Para tersangka tersebut adalah Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ahmad Hadian Lukita, Ketua Panpel Arema FC Abdul Harris, Securiti Officer Suko Sutrisno. Kemudian, tiga orang perwira dari Polres Malang, yakni Kabag OPS Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto, Komandan Kompi (Danki) III Brimob Polda Jatim AKP Hasdarmawan, dan Kasatsamapta Polres Malang AKP Bambang Sidiq Achmadi.

Editor : Mahfud

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network